Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Novel

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto by Tepak id

Aplikasi ini dibuat dilatarbelakangi oleh berita bohong (hoaks) banyak beredar di jejering social. Menurut Ketua Masyarakat Anti Hoax Indonesia, hoax sudah menyebar dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Kepolisian Republik Indonesia memberi data tentang tren hoax yang terus meningkat tajam dari tahun 2002 hingga 2019. Salah satu yang bisa melawan hoaks adalah menumbuhkan budaya leterasi. Minat akan literasi bisa dimulai melalui membaca karya sastra, khusus novel.

Secara periodik,  beberapa situs memuat rekomendasi beberapa novel yang menarik untuk dibaca seperti Gramedia (https://www.gramedia.com/). Namun rekomendasi tersebut tidak begitu berarti bagi pembaca baru karena mereka miskin pengalaman dan sering meminta pertimbangan dalam memilih novel yang akan dibaca. Jumlah genre novel yang banyak,  menyebabkan pembaca baru kebingungan memilih genre novel tertentu.

Mayoritas rekomendasi novel untuk pembaca baru berasal dari hasil rekomendasi yang dibuat oleh para kritikus dan pembaca lain yang cenderung subyektif.  Situs Goodreads (https://www.goodreads.com) atau situs sejenisnya, belum menyediakan informasi rangking novel berdasarkan tingkat popularitas, penilaian umum pembaca, penghargaan yang telah diraih oleh setiap novel dan sebagainya. Informasi rangking novel ini bisa menjadi informasi pendukung keputusan bagi pembaca baru disaat memilih novel.

Klub Seri Buku Surabaya yang berdiri awal 2018, selalu aktif mengembangkan dunia literasi baik di dalam maupun luar negeri. Setiap tahun, anggota komunitas ini terus meningkat. Pada awal semester 2019,  anggota aktif komunitas ini berjumlah kurang lebih 400 yang selalu saling bertukar ide dan pendapat melalui forum-forum diskusi tentang dunia literasi. Para member baru yang mayoritas merupakan orang yang baru dalam dunia literasi sering meminta rekomendasi novel untuk mereka baca. Namun, selama ini pihak komunitas hanya bisa memberikan rekomendasi secara subjektif. Prodi Sistem Informasi Universitas Airlangga bekerja sama dengan Klub Seri Buku Surabaya mengembangkan aplikasi  sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi novel yang didasarkan kepada beberapa kriteria.

Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis komputer yang menyajikan dan memproses informasi yang memungkinkan pembuatan keputusan menjadi lebih produktif, dinamis, dan inovatif. Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.

Platform aplikasi rekomendasi novel adalah berbasis web yang dapat  memberikan rekomendasi novel yang lebih obyektif kepada pembaca baru. Luaran aplikasi berupa rekomendasi novel yang perlu dibaca berdasarkan kriteria yaitu nilai rating novel, nilai rating pengarang, nilai popularitas pengarang, dan nilai total penghargaan yang sumber datanya diperoleh dari beberapa situs, salah satunya adalah situs Goodreads (https://www.goodreads.com).

Penulis: Taufik

Informasi detail riset kami dapat diakses pada: https://aip.scitation.org/doi/10.1063/5.0042139

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp