FK UNAIR Gelar Webinar Akselerasi Pengelolaan Jurnal Menuju Akreditasi dan Indeksasi Internasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Menjadikan sebuah jurnal terakreditasi nasional dan terindeks internasional memerlukan waktu dan proses yang tidak singkat. Sebagai salah satu jurnal tertua di Universitas Airlangga (UNAIR), Folia Medica Indonesiana sukses menyelenggarakan webinar pada hari Jumat (30/7/2021) yang bertajuk ‘Pengembangan Pengelolaan  Jurnal Ilmiah Menuju Jurnal Internasional Bereputasi’.

Dalam acara webinar tersebut, manajer jurnal berpengalaman dalam pengelolaan jurnal ilmiah bereputasi diundang sebagai narasumber, yaitu Dr. Ida Bagus Amertha Putra Manuaba, S.Ked., M. Biomed., Ph.D. Dr. Amertha merupakan Manajer Jurnal dan publikasi di FK Udayana, Denpasar, Bali, yang sukses mengantarkan Bali Medical Journal sebagai salah satu jurnal kedokteran di Indonesia yang sudah terakreditasi Sinta 1 serta terindeks internasional Scopus dan ESCI- Web of Science. Diskusi dipandu oleh dua panelis yaitu Prof. Dr. Kuntaman dr., MS., Sp.MK(K). dan Viskasari P. Kalanjati, dr., M.Kes.,PA(K).,Ph.D.

Peserta acara seminar adalah tim editor dan manajer jurnal di lingkungan FK UNAIR. Webinar ini bertujuan untuk memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya jurnal-jurnal berkualitas di FK UNAIR dengan mengedepankan budaya profesionalitas dan akademik.

“Tema yang diangkat dari webinar ini sangatlah penting dan bermanfaat bagi para peserta agar pengetahuan tentang pengelolaan jurnal bisa meningkat pesat. Kami bersyukur bahwa acara berjalan dengan lancar, jumlah peserta seminar melebihi target awal dan diskusi berlangsung dengan sangat baik,” ungkap Dr. Viskasari.

Melalui ajang diskusi tersebut, para peserta dapat berkonsultasi langsung dengan narasumber sekaligus dapat berbagi pengalaman pengelolaan meraih jurnal berindeks internasional. Diharapkan, seluruh jurnal di lingkungan FK UNAIR terakselerasi dalam indeksasi dan akreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini sesuai dengan pencanangan gerakan Sustainable Development Goals atau SDGs khususnya pada poin 3 dan 4 yaitu tercapainya taraf kesehatan dan kesejahteraan hidup yang baik, serta pendidikan yang berkualitas.

Folia Medica Indonesiana sendiri saat ini diterbitkan empat kali setahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Jurnal ini telah terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia, dan juga telah terindeks di beberapa lembaga terkemuka, seperti ProQuest, Crossref, ASEAN Citation Index, dan Directory of Open Access Journals (DOAJ). Folia Medica Indonesia merupakan salah satu jurnal terbaik bersama 13 Jurnal FK UNAIR yang lain, yang pada saat ini dikelola oleh Unit Konsorsium Jurnal dan Folia Medica Indonesiana (UKJF) FK UNAIR.

“Kita harapkan semua jurnal di FK UNAIR bisa meraih akreditasi nasional Sinta 1, dan terindeks internasional, termasuk ESCI-Web of Science dan Scopus,” ungkap Dr. Viskasari selaku ketua unit UKJF-FK UNAIR.

Unit Konsorsium Jurnal dan Folia Medica Indonesiana, FK UNAIR berencana untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa mengenai pengelolaan jurnal maupun publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi secara berkala. Dengan demikian diharapkan target peningkatan dan penjaminan mutu jurnal dan publikasi di UNAIR khususnya di FK dapat tercapai.

Selain itu, diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan serupa di masa yang akan datang dapat menjadi sarana promosi artikel-artikel pada jurnal ilmiah di lingkungan FK UNAIR sehingga dapat meningkatkan jumlah sitasi dan jurnal dapat bersaing pada skala global. (*)

Penulis: Pandit Bagus Tri Saputra dan Dinda Dwi Purwati

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp