Formulasi dan Deposisi Obat Antibiotik Ciprofloxacin HCl

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi by Hello Sehat

Infeksi saluran pernapasan terjadi pada saluran pernapasan atas dan bawah yang dapat menyebabkan infeksi ringan hingga berat dan kematian. Bakteri penyebab infeksi pada saluran pernapasan adalah Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernafasan modelnya adalah ciprofloxacin HCl. Penelitian difokuskan pada formulasi mikrosfer kappa carragenan dengan beberapa konsentrasi polimer pada karakteristik, pelepasan, dan deposisi obat di paru-paru. Kappa karagenan sebagai polimer dan KCl sebagai penyambung silang.

Karakteristik fisik meliputi morfologi, ukuran, kadar air, indeks swelling, mukoadhesivitas, drug loading, efisiensi penjebakan, pelepasan dan deposisi obat secara in vivo. Hasil menunjukkan bahwa mikrosfernya sferis, halus, ukuran kecil sesuai saluran pernafasan, serta dengan daya mukoadesifitas yang bagus. Karakteristik fisik yang bagus ini dilanjutkan dengan hasil deposisi obat dimana pada penggunaan konsentrasi polimer yang lebih tinggi menyebabkan deposit lebih rendah di paru-paru. Hal ini disebabkan konsentrasi polimer yang tinggi menghasilkan ukuran partikel yang lebih besar sehingga terhirup di saluran pernafasan lebih sedikit yang memenuhi ukuran membran, sedangkan yang ukuran lebih kecil berhasil mencapai target paru dan memiliki waktu tinggal yang lebih lama.

Penelitian ini direkomendasikan untuk dilanjutkan tahap in vivonya dengan pemastian kadar obat di dalam paru.

Penulis : Dewi Melani Hariyadi

Informasi detail riset kami dapat diakses pada:

https://www.japtr.org/temp/JAdvPharmTechRes123242-1058218_025622.pdf

Dewi Melani Hariyadi, Tutiek Purwanti, Dinda Maulydia, Cindy Alicia Estherline, Esti Hendradi, Mahardian Rahmadi, 2021

Performance and drug deposition of kappa‑carrageenan microspheres encapsulating ciprofloxacin HCl: Effect of polymer concentration

Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, 2021

Volume 12, Issue 3, 2021, Pages 242-249

https://www.japtr.org/temp/JAdvPharmTechRes123242-1058218_025622.pdf

ISSN 01105558

doi.org/10.4103/japtr.JAPTR_197_21

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp