Gandeng Pihak Desa, Tim KKN 64 Kelompok 38 Gelar Vaksinasi Bagi Warga

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Proses Vaksinasi Warga Desa Macan Putih bersama nakes dan mahasiswa KKN. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Salah satu upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 adalah pembentukan kekebalan kelompok pada masyarakat, atau lebih dikenal dengan Herd Immunity. Saat ini, pemerintah menggalakan vaksinasi di seluruh penjuru negeri untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 64 kelompok 38 bekerja sama dengan pemerintah Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi mengadakan vaksinasi bagi warga Desa Macan Putih yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama. 

Vaksinasi yang dilaksanakan pada Kamis (29/7/2021) tersebut bertempat di balai Desa Macan Putih dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Nadia Putri Julieta Sitorus selaku penanggung jawab program vaksinasi menyampaikan bahwa vaksinasi dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga selesai. Tujuan dilaksanakan program vaksinasi kerjasama antara mahasiswa dan pemerintah Desa Macan Putih yaitu untuk memberikan wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi secara rata dan menyeluruh.

“Terutama bagi warga Desa Macan Putih yang belum mendapatkan dosis pertama vaksin, karena mungkin terkendala mobilitas dan lokasi vaksinasi yang jauh dari desa,” jelasnya. 

Selain itu, sambung Nadia, alur vaksinasi diawali dengan pendaftaran dan pemeriksaan berkas administrasi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan warga yang divaksin bukan penyintas Covid-19 dan dalam kondisi sehat. Setelah proses pemeriksaan kesehatan, warga yang telah dinyatakan sehat dapat melakukan vaksinasi. Terakhir, dilakukan pengumpulan administrasi vaksinasi akhir untuk mendapatkan sertifikat vaksin. 

“Setelah proses vaksinasi selesai, warga diharuskan mengumpulkan persyaratan administrasi akhir untuk mendapatkan sertifikat vaksin sebagai persyaratan vaksinasi selanjutnya,” tuturnya.

Pada akhir, Nadia berharap dengan adanya vaksinasi di Desa Macan Putih, vaksinasi dapat lebih merata sehingga dapat membentuk kekebalan kelompok atau Herd Immunity dapat tercapai. Terutama bagi warga Desa Macan Putih, sehingga dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dapat dilaksanakan secara maksimal dan aman. 

“Semoga dapat membentuk imunitas bagi warga Desa Macan Putih agar dapat terhindar dari penyebaran covid-19.” Tutupnya

Penulis: Ananda Wildhan Wahyu Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp