Peringati HUT ke-66, Perpustakaan UNAIR Gelar Workshop Pemasaran Produk

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
WORKSHOP perpustakaan.
WORKSHOP perpustakaan.

UNAIR NEWS – Sebagai rangkaian dalam peringatan HUT ke-66, Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar workshop bertemakan ‘Memasarkan Produk UMKM melalui HP Menggunakan Aplikasi dan Medsos’. Dibuka langsung oleh kepala perpustakaan, Suhernik, S.Sos., M.Si., menyatakan acara yang berlangsung pada Rabu (23/06/2021) itu bertujuan untuk membagikan ilmu dan keterampilan marketing kepada peserta agar bisa mempromosikan produk dengan baik.

“Panitia berjanji untuk siap dikontak dan membantu sepenuhnya bagi peserta yang masih belum paham tentang materi pemasaran ini nantinya,” terangnya.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid itu dimulai dengan bincang santai bersama dua pemilik UMKM di Surabaya, yaitu Nur Hayati sebagai owner Vidi Cookies dan Dwi Prihastuti sebagai owner Mumtaz Kitchen. Dalam perbincangan tersebut, keduanya menceritakan bagaimana awal mula membangun usaha, teknik pemasaran, dan cara untuk tetap survive di masa pandemi. 

Menurut Dwi Hastuti, kunci utama dalam membangun suatu usaha adalah 2M, yakni mental dan mindset. Selain memiliki mental yang kuat untuk tetap semangat dalam menghadapi penolakan, kritik, dan saran, Dwi menekankan mindset untuk selalu berfikir positif dan kreatif juga perlu diterapkan. Tidak jauh berbeda, Nur Hayati yang melakukan pemasaran produknya melalui sosial media dan marketplace itu memberikan pesan kepada para pengusaha baru untuk selalu kreatif dan inovatif.

“Membangun trust kepada pembeli baru penting dilakukan, kita bisa memberi tester dulu untuk meyakinkan bahwa produk yang dijual memang berkualitas. Selain itu, free produk dan free delivery juga bisa menjadi salah satu trik,” jelas Nur Hayati.

Pelatihan Canva

Selanjutnya kegiatan yang dihadiri puluhan pengusaha UMKM itu memberikan pelatihan dalam membuat desain promosi menarik melalui aplikasi Canva. Pelatihan yang dipandu oleh Agung Budi itu mengajarkan cara untuk membuat logo, kartu nama, video dan cara mempromosikannya lewat sosial media. 

Dalam penjelasannya, Agung menyebut aplikasi Canva dipilih karena memiliki beragam fitur desain yang mudah untuk digunakan bagi pemula dan beberapa fiturnya bisa diakses secara gratis. Sebelum mengakhiri kegiatan, Agung menerangkan bahwa setiap pengusaha harus pintar dan kreatif untuk memberikan promosi yang menarik.

“Perbanyak lakukan promosi untuk menjangkau pelanggan baru, namun jangan lupakan bahwa mempertahankan pelanggan lama juga perlu diperhatikan,” tutupnya.

Penulis: Nikmatus Sholikhah

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp