Laser Punktur Dapat Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Telur Burung Puyuh

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Klikdokter

Telur puyuh merupakan sumber  protein dan lemak terbaik. Keunggulan dari nilai gizi telur puyuh  tidak  kalah  dengan  telur  ayam. Setiap  100 gram  telur  puyuh  mengandung 12,7 gram protein dan 9,89 gram lemak. Asam amino yang paling penting ditemukan dalam putih telurnya yakni leusin, kuning telurnya mengandung asam lemak esensial tertinggi yaitu asam linoleat dan asam lemak non-esensial tertinggi yaitu asam oleat. Selain itu, juga mengandung vitamin E yang tinggi  dalam kuning telur dan hormon seks progesteron pada putih dan kuning telurnya.

Keunggulan Laser Punktur

Laser punktur yaitu suatu teknologi yang memanfaatkan sinar radiasi gelombang pendek yang ditembakkan pada reseptor (titik akupunktur pada ternak) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan efisien organnya sehingga dapat meningkatkan produktivitas ternak. Teknologi laser punktur berfungsi juga sebagai reseptor biologi yang mempunyai hubungan dengan organ terkait yang dapat memberikan efek stimulasi, radiasi dan inhibisi.

Kelebihan dari metode laser adalah dapat memberikan hasil yang mudah dikontrol dengan tepat dan lebih akurat, sehingga dapat menekan biaya produksi yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan yang semakin meningkat. Penggunaan laser berdaya rendah untuk menimbulkan stimulasi pada titik akupunktur berlangsung cepat, sederhana dan tidak berbahaya untuk tiap titiknya karena bebas dari efek samping, sehingga teknologi ini relatif  lebih murah karena satu alat bisa digunakan secara masal dan dengan biaya operasional yang murah..

Metode dan Hasil

Terdapat 4 perlakuan dan masing-masing ulangan sebanyak 25 ekor. Penembakan laser punktur dilakukan dengan interval waktu 3 hari pada titik Ova dan interval 6 hari pada titik Hu Men, Bei Ji dan Wei Gen. P0(-) sebagai kontrol negatif  karena burung puyuh tidak diberikan penembakan laser punktur; P0(+) sebagai kontrol positif karena burung puyuh diberi perlakuan dengan penembakan laser punktur yang dinonaktifkan atau dosis 0 Joule; P1 sebagai kelompok yang diberi perlakuan penembakan laserpunktur dengan dosis 0,2 Joule; dan P2 sebagai kelompok yang diberi perlakuan penembakan laser punktur dengan dosis 0,5 Joule. Penembakan laser punktur pada titik akupunktur reproduksi burung puyuh dapat meningkatkan kuantitas telur. Sedangkan pada hasil kualitas internal  telur berupa nilai haugh unit dan indeks kuning telur terjadi peningkatan, namun terhadap nilai warna kuning telur tidak ada perubahan.

Penulis : Sunaryo Hadi Warsito.drh., M.P.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:https://www.hindawi.com/journals/vmi/2021/6621965/

Sunaryo Hadi Warsito, Tatang Santanu Adikara,  Septiana Megasari, Ilham Radifan Pratama, Mirni Lamid, and Herry Agoes Hermadi (2021). Increasing Quantity and Internal Quality of Japanese Quail (Coturnix coturnix japonica) Eggs by Shooting Laser Puncture at Reproductive Acupuncture Points. Veterinary Medicine International Volume 2021 Article ID 6621965  https://doi.org/10.1155/2021/6621965

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp