Karakterisasi Molekuler Newcastle Disease Virus Exotic Isolate Di Jawa Timur, Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh News Medical

Newcastle disease virus (NDV) adalah ssRNA paramyxovirus yang menyebabkan gejala klinis, bervariasi dari infeksi subklinis hingga 100% kematian pada ayam yang terinfeksi. Haemagglutinin-neuraminidase (HN) protein memiliki peran penting terkait dengan attachmentpada reseptor sel serta infeksi dan pathogenesis. Isolasi virus dengan telur berembrio bebas patogen tertentu. Selanjutnya dideteksi secara mean death time (MDT), intra cerebral pathogenicity index (ICP untuk menentukan strain, dan secara molekuler dengan reverse transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) untuk memastikan strain berdasarkan gen penyandi protein HN. Sementara sequencing Gen HN NDV berukuran 503 pb untuk menentukan gen penyandi dan kekerabatan virus ND isolate exotic di Jawa Timur.

Berdasarkan hasil karakterisasi molekuler NDV yang diisolasi dari hewan liar menunjukkan NDV strain lentogenik yang dominan dengan nilai MDT 100-120 jam, sementara itu hasil uji ICPI menunjukkan nilai 0,12- 0,37. Analisis homologi mempunyai kesamaan yang tinggi walaupun ditemukan 1  isolate yang tingkat kesamaannya lebih rendah. Hal ini menjadi penting sehingga dapat diprediksi kejadian dilapangan seperti pada saat adanya outbreak penyebabnya NDV genotype VII, tetapi yang digunakan genotype II akibatnya tidak dapat menurunkan angka kematian, dan secara kekerabatan (phylogenetic) kedua kelas tersebut memang berbeda clade. Oleh karena itu dalam pemberantasan penyakit seperti NDV sebaiknya yang berasal original isolate sehingga dapat mentralisir penyakit sesuai dengan kejadian yang ada dilapangan. Hal ini dapat diprediksi dengan menggunakan  pendekatan bioinformatik terhadap epitope yang berperanan pada saat terjadi outbreak. Dari hasil analisis molekulert maka isolate original sangat penting dalam memprediksi penyakit berdasarkan homologi dan epitope untuk digunakan sebagai vaksin Newcastle Disease Virus (NDV).

Penulis: Prof. Fedik Abdul Rantam

Link Jurnal:

N. P. KUSUMARAHAYU1 , N. PUTRI1 , R. ERNAWATI1 , J. RAHMAHANI1 ,

S. SUWARNO1,2  & F. A. RANTAM1,2. 2019. MOLECULAR CHARACTERISATION OF NEWCASTLE DISEASE VIRUS EXOTIC ISOLATE IN EAST JAVA, INDONESIA.

Bulgarian Journal of Veterinary Medicine, 2019 ONLINE FIRST ISSN 1311-1477; DOI: 10.15547/bjvm.2019-0013.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp