KM PSDKU UNAIR Banyuwangi Adakan Pelatihan Essay Melalui OUTSCO

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penjelasan Mengenai Lampiran Essay oleh Pemateri. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Menulis merupakan kemampuan strategis bagi mahasiswa. Melalui tulisan mahasiswa mampu memberikan kontribusi positif terhadap permasalahan – permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti menuangkan ide-ide cemerlang yang dituangkan dalam sebuah karya tulis. Dalam hal ini Outstanding Student Community (OUTSCO) hadir sebagai wadah untuk membantu mahasiswa Universitas Airlangga untuk mengaplikasikan kemampuan menulis mahasiswa.

OUTSCO merupakan salah satu program kerja Keluarga Mahasiswa (KM) PSDKU UNAIR Banyuwangi untuk mengembangkan skill kepenulisan yang dapat dijadikan bekal dalam mengikuti perlombaan baik kanca nasional maupun internasional. Dalam agendanya, OUTSCO menggelar pelaksanaan pelatihan pertama melalui aplikasi zoom meeting pada Sabtu pagi (22/05/2021). Dihadiri oleh Nabila Alvin Nadhiro selaku pemateri essay, pelatihan berlangsung penuh antusias.

Dalam materinya, Nabila menyampaikan bahwa essay merupakan tulisan yang dapat menumbuhkan jiwa kritis dan kreatif pada mahasiswa tanpa menimbulkan tindakan anarkis seperti yang sering terjadi di kalangan mahasiswa ketika menyampaikan aspirasi kepada pihak-pihak tertentu. Kemudian dia menambahkan, bahwa essay sendiri merupakan salah satu lomba yang sering diperlombakan di dunia perkuliahan, sehingga sangat penting untuk mempelajari kaidah-kaidah kepenulisan essay yang baik dan benar sesuai dengan kriteria essay yang ada.

“Apabila mempelajari dasarnya dengan baik, mahasiswa yang merupakan pemula dalam dunia kepenulisan akan dengan mudah menyusun essay sesusai kaidah yang tertera,” ujar Mahasiswa UNAIR Fakultas Sains Teknologi tersebut.

Sementara itu, saat dihubungi tim UNAIR NEWS, Lilis Musyafaah Dwi Putri selaku Menteri Pendidikan dan Keilmuan menyampaikan bahwa dalam agenda OUTSCO sendiri terdapat tiga pelatihan yang akan dilaksanakan kedepannya. Tersisa dua pelatihan yang akan diisi dengan materi yang berbeda dan pemateri yang berbeda. Dalam hal ini, tandasnya, ketiganya bertujuan memfasilitasi mahasiswa untuk bisa berkembang dan menjadi mahasiswa unggul serta berprestasi.

“OUTSCO sendiri tersedia untuk mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti lomba-lomba tingkat Universitas, Nasional maupun Internasional, dan mampu melatih mahasiswa agar dapat menuangkan ide kreatif yang dimiliki dalam sebuah karya dan prestasi,” pungkas Lilis mengakhiri. 

Penulis : Azka Fauziya

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp