Perbandingan Perdarahan Mayor pada Pasien dengan Sindrom Koroner Akut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Halodoc

Penggunaan dual anti platelet therapy (DAPT) pada pasien acute coronary syndrome (ACS) yang diterapi dengan coronary artery bypass grafting (CABG) masih mengalami kontroversi. Selama ini, bukti dari berbagai penelitian masih belum dapat memberikan informasi yg akurat. Oleh karena itu, penelitian utk mengkonfirmasi antara resiko terjadinya perdarahan mayor dan penggunaan DAPT (clopidogrel atau ticagrelor) pada pasien ACS yang diterapi dengan CABG perlu dilakukan.

Kami melakukan sebuah studi meta-analisis pada bulan Maret sampai Oktober 2019, dengan mencari artikel di website Pubmed, Embase, Cochrane, dan web of science. Variabel independen pada penelitian kami adalah penggunaan DPAT yaitu dibagi menjadi clopidogrel atau ticagrelor. Sedangkan, variabel dependen adalah perdarahan mayor. Kami juga melakukan analisis sub-group, dimana data dibagi menjadi pre dan post CABG. Untuk menentukan korelasi, kami menggunakan model acak atau model baku dari proses meta-analisis.

Kami melakukan analisis 13 artikel yang terdiri dari 34.915 pasien diberikan clopidogrel dan 32.661 pasien diberikan ticagrelor. Hasil analisis kami menunjukan bahwa insiden perdarahan mayor tidak berbeda secara signifikan antara clopidogrel dan ticagrelor. Pada analisis sub-group berdasarkan pre dan post CABG, hasil kami juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yg berarti dalam hal perdarahan mayor pada pasien yang diberikan clopidogrel atau ticagrelor. Meta-analisis kami menunjukan bahwa penggunaan clopidogrel dibandingkan dengan ticagrelor tidak berpengaruh terhadap resiko perdarahan mayor pada pasien ACS yang diterapi dengan CABG.

Penulis: Bagus Aulia Mahdidan Budi Susetio Pikir

Sumber: Rohman MS, Purnamasari Y, Ilmawan M, Mahdi BA, Tamara F, Mahendra AI, Mazen M, Heriansyah T, Yamin M, Pikir BS, Fajar JK. Comparison of major bleeding in patients with acute coronary syndrome that underwent coronary artery bypass grafting treated with clopidogrel or ticagrelor: a systematic review and meta-analysis. F1000Res. 2020 Feb 10;9:99. https://doi.org/10.12688/f1000research.21925.2  PMID: 33732438; PMCID: PMC7885293.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp