Raih Capaian Membanggakan dalam Pemeringkatan Scimago, Dekan FPSi: Ini Adalah Bonus Kerja Keras Kita

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KEGIATAN riset yang dilakukan oleh sivitas Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Kabar menggembirakan datang dari Fakultas Psikologi (FPSi) Universitas Airlangga (UNAIR). Pasalnya, fakultas ungu itu dinobatkan sebagai fakultas terbaik ke-3 di Indonesia oleh Scimago Institutions Rankings by Subject Areas 2021.

Menangkis hal itu, Dekan Fakultas Psikologi UNAIR Prof. Dr. Suryanto, M.Si., Psikolog mengatakan bahwa prestasi tersebut menjadi pengingat sekaligus dasar apa yang mesti dilakukan Fakultas Psikologi ke depan. Meski begitu, menurut Prof Suryanto, raihan itu jauh dari harapan dosen maupun pimpinan.

“Sebenarnya ranking itu kan bukan tujuan bagi kami, tapi kalau mendapatkan ya bersyukur. Yang lebih penting adalah bagaimana karya-karya dosen ini memberikan kontribusi bagi masyarakat,” paparnya Rabu Sore (28/4/2021).

Ia menekankan, capaian tersebut merupakan prestasi seluruh dosen yang ada di Fakultas Psikologi UNAIR. Terutama usaha dan karya-karya dari dosen mulai dari riset; inovasi; dan dampak sosial yang dihasilkan.

Prof Suryanto menyampaikan, Fakultas Psikologi menjadikan kontribusi kepada masyarakat sebagai target yang utama. Artinya, lanjut Prof Sur, semakin luas kontribusi yang dapat diberikan kepada masyarakat, semakin baik pula capaiannya.

Sementara itu, Prof Suryanto menjelaskan, Fakultas Psikologi akan terus mendorong kegiatan riset dan inovasi. Terutama dalam memperbanyak jumlah riset; meningkatkan kompetensi dosen terkait riset; optimalisasi kelompok kajian; hingga berupaya meningkatkan akreditasi jurnal yang selama ini sudah ada.

Selain itu, dari segi kolaborasi, Fakultas Psikologi akan terus menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya dalam hal riset. “Ini tetap menjadi target kita. Kita tetap berupaya agar riset dan kolaborasi tetap dilakukan. Meskipun beberapa ada yang mendapatkan maupun tidak mendapatkan hibah penelitian yang diumumkan kemarin,” kata Prof Suryanto.

Terkait capaian tersebut, Fakultas Psikologi tidak terpacu pada peringkat yang diraih. Lebih penting, menurut Prof Suryanto, Fakultas Psikologi harus fokus pada dampak yang dihasilkan oleh sivitas.

“Kita bukannya tidak ingin meningkatkan atau mempertahankan posisi ini, tetapi kami melakukan yang terbaik dengan melakukan riset sebanyak-banyaknya dan membuat publikasi seluas-luasnya agar memberikan dampak pada masyarakat sebesar-besarnya,” tandasnya.

Prof Suryanto berharap, capaian Fakultas Psikologi meningkat dari segi apapun. Tidak hanya pada pemeringkatan Scimago, tapi juga dari segi akreditasi serta kontribusinya untuk masyarakat juga semakin meningkat. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp