Peringati Women’s International Day Lewat ‘We Do Action’

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Humaira, Communication Director of emancipate.id saat menyampaikan materi soal patriarki dalam ‘We Do Action’. (Foto: Fernanda N)

UNAIR NEWS – Rayakan hari wanita sedunia, Kementrian Pemberdayaan Perempuan BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan acara bertajuk “We Do Action”. Kali ini, perayaan itu mengangakat tema ‘EQUALITY MATTERS : Ingenuity of Women’s to End The Inequality and Build The Equality’ di mana tema tersebut memiliki arti bahwa kesetaraan gender itu penting.

Acara diadakan pada Sabtu (13/3/21) secara daring melalui zoom meetings dan dimoderatori oleh anggota Paguyuban Duta Vokasi UNAIR 2020 Salsabila Syakira. Di awal acara, Wakil Dekan I Fakultas Vokasi UNAIR Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si, turut hadir memberikan sambutan.

“Perempuan pada hakekatnya tentu harus berada dalam posisi yang equal. Oleh karena itu, isu-isu tentang kesetaraan gender itu sebenarnya semakin penting untuk terus didiskusikan di kalangan perempuan, khususnya generasi milenial,” ujar Tika.

Usai sambutan dari Tika, dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden BEM Fakultas Vokasi 2021 Rifqi Athallah. Setelah itu, ada materi yang disampaikan oleh Humaira, Communication Director of emancipate.id tentang patriarki.

“Sosial sistem yang tidak seimbang membuat wanita menjadi subordinasi, yang membuat wanita itu didiskriminasi. Sekelompok orang yang diberi kekuatan yang lebih oleh sistem akan membuat orang di luar grup itu, dalam hal ini perempuan, menjadi second class citizen,” ujar Humaira.

Humaira menyampaikan materi mengenai narasi dominan perjuangan dalam kesetaraan gender serta isu-isu dalam melawan patriarki yang dikemas dengan interaktif. Penyampaian materi ini berlangsung hingga pukul 11.15 WIB.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab atau QnA. Antusiasme tinggi dari peserta webinar dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan terkait pentingnya kesetaraan gender. Di pengujung acara, terdapat sesi quiz terkait materi yang telah disampaikan. Quiz ini dilaksanakan melalui platform kahoot.it dan mendapat respon positif dari seluruh peserta.

Perlu diketahui bahwa webinar ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan “We Do Action”. Sebelumnya, telah diselenggarakan juga berbagai lomba dengan tema yang sama, meliputi lomba desain poster, artikel opini, dan mimbar bebas. Lomba-lomba tersebut mendapat antusiasme yang tak kalah dengan webinar.

Sebagai universitas terbaik di Indonesia, UNAIR terus mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa. Hal ini juga untuk mendukung agar mahasiswa UNAIR dapat berprestasi di kancah nasional maupun internasional. (*)

Penulis : Fernanda Nistya Pratama, Hamimma Talita Aulia

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp