Pengaruh Pemberian caffeic acid phenethyl ester propolis terhadap Pergerakan Gigi Ortodonti

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sumber: Dictio Community

Gigi dapat bergerak di tulang alveolar karena adanya dorongan gaya ortodonti berupa tekanan mekanis. Induksi gaya ortodontik akan memulai aktivitas seluler dan biokimia, disertai dengan remodeling ligamen periodontal dan tulang alveolar. Penerapan gaya ortodontik untuk perawatan maloklusi akan memulai pensinyalan dan regulasi seluler dan molekuler di jaringan periodontal. Fibroblas, osteoblas, osteoklas, dan makrofag adalah jenis sel yang memainkan peran interaktif dalam pembentukan kembali tulang. Selama pergerakan gigi ortodontik (OTM), perubahan yang terjadi di area periodontal bergantung pada gaya, arah, dan durasi OTM.

Remodeling tulang alveolar terjadi karena aktivitas osteoklas dan osteoblas. Sel-sel tersebut berfungsi sebagai mekanisme terkoordinasi untuk menginduksi resorpsi dan aposisi tulang alveolar sebagai respon terhadap stres dan beban mekanis. Pada sisi kompresi selama OTM, aposisi tulang alveolar terjadi karena aktivitas osteoblas. Osteoblas memainkan peran penting dalam pembentukan tulang baru di daerah tarik OTM. Faktor pertumbuhan juga memainkan peran penting dalam pematangan dan aktivitas osteoblas, seperti faktor pertumbuhan endotel vaskular dan fibroblast growth factor-2 (FGF-2). FGF-2 mengatur pembentukan tulang dan diferensiasi osteoblas. Pada tahap awal OTM, penanda osteoblas meningkat di sisi tarik dan menurun di sisi kompresi. Salah satu penanda molekuler aktivitas osteoblas pada sisi tarik selama OTM adalah FGF-2 yang meningkat secara bertahap pada hari ke-3, 7, dan 14. Sedangkan pada sisi kompresi terjadi resorpsi tulang karena aktivitas osteoklas selama OTM.

Osteoklas adalah sel raksasa berinti banyak yang berasal dari sel induk hematopoietik. Makrofag, sebagai nenek moyang osteoklas dan odontoklas yang muncul pada fase awal OTM, dapat meningkatkan resorpsi tulang dan akar. Makrofag juga menghasilkan mediator proinflamasi seperti tumor necrosis factor (TNF) -α sebagai respons terhadap OTM. Resorpsi tulang alveolar oleh osteoklas menyebabkan demineralisasi matriks tulang anorganik oleh asam dan degradasi matriks tulang organik oleh cathepsin K dan matriks metaloproteinase (MMP). Ekspresi MMP tertinggi ditemukan di sisi kompresi selama OTM, termasuk MMP-9 yang diekspresikan selama respons inflamasi. Ekspresi MMP-9 paling melimpah di sisi kompresi yang terlibat dalam resorpsi tulang.

Upaya untuk meningkatkan remodeling tulang alveolar selama OTM harus dilakukan untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, mengurangi durasi OTM, dan mencegah efek samping OTM. Caffeic acid phenethyl ester (CAPE) yang terkandung dalam propolis mungkin berguna untuk mengontrol inflamasi selama OTM. CAPE berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat menghambat siklooksigenase. CAPE dapat menghambat pelepasan sitokin proinflamasi dan meningkatkan produksi sitokin anti inflamasi. Pemberian CAPE pada pencabutan gigi model hewan menghasilkan penyembuhan yang lebih cepat dari defek tulang alveolar. Peningkatan pembentukan tulang baru ditemukan setelah pemberian CAPE selama jahitan palatine pasca rangsangan dengan alat ekspansi maksila. Osteolisis calvaria yang diinduksi partikel polietilen dalam model murine dapat secara signifikan dihambat oleh pemberian CAPE. CAPE memiliki aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi yang memperbaiki penyakit periodontal melalui pengurangan stres oksidatif reaktif (ROS). Kemampuan antioksidan CAPE secara langsung atau tidak langsung menghambat aktivitas ROS, menghasilkan pematangan dan aktivitas diferensiasi osteoblas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian CAPE pada ekspresi MMP-9 dan jumlah osteoklas pada sisi terkompresi serta ekspresi FGF-2 dan jumlah osteoblas pada sisi tarik selama eksperimental pergerakan gigi ortodonti (OTM) pada tikus Wistar jantan sebagai hewan model studi.

Ekspresi positif MMP-9 dalam osteoklas tulang alveolar tikus Wistar selama OTM di sisi kompresi terdeteksi di semua kelompok eksperimen. Hasil penampang histologis menunjukkan bahwa osteoklas ditemukan pada semua kelompok eksperimen. Ekspresi MMP-9 tertinggi ditemukan pada kelompok K1, sedangkan ekspresi MMP-9 terendah ditemukan pada kelompok KP3. Jumlah osteoklas tertinggi ditemukan pada kelompok K3, sedangkan jumlah osteoklas terendah terdeteksi pada kelompok KP3. Ada perbedaan yang signifikan dalam ekspresi MMP-9 dan jumlah osteoklas di sisi kompresi antara kelompok. Perbandingan ekspresi MMP-9 dan bilangan osteoklas di sisi kompresi antar kelompok. Ekspresi positif FGF-2 dalam osteoblas tulang alveolar tikus Wistar selama OTM di sisi tarik terdeteksi di semua kelompok eksperimen. Ekspresi FGF-2 tertinggi ditemukan pada kelompok KP3, sedangkan ekspresi FGF-2 terendah ditemukan pada kelompok K1. Jumlah osteoblas tertinggi ditemukan pada kelompok KP3, sedangkan jumlah osteoblas terendah ditemukan pada kelompok K1. Ada perbedaan yang signifikan dalam ekspresi FGF-2 dan jumlah osteoblas di sisi tarik antara kelompok. Perbandingan ekspresi FGF-2 dan bilangan osteoblas di sisi tarik antar kelompok.

Berdasarkan hasil studi ini, dapat disimpulkan bahwa penyediaan CAPE selama OTM meningkatkan jumlah osteoblas dan ekspresi FGF-2 secara signifikan di sisi tarik. Sementara itu, jumlah osteoklas dan ekspresi MMP-9 menurun secara signifikan selama OTM setelah pemberian CAPE di sisi kompresi.

Ditulis oleh: Ida Bagus Narmada

Artikel secara lengkap dapat diunduh pada: https://www.thieme-connect.com/products/ejournals/abstract/10.1055/s-0040-1718640

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp