Manfaat Potensi Vonoprazan sebagai Terapi Infeksi Helicobacter pylori

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Helicobacter pylori. (Sumber: https://www.hopkinsmedicine.org)

Helicobacter pylori adalah patogen khusus yang unik pada tubuh manusia dan dapat ditemukan di perut manusia sekitar 40–50% dari populasi global. Infeksi H. pylori merupakan masalah kesehatan global yang memiliki prevalensi signifikan sekitar 44,3%, dengan tingkat kekambuhan global sebesar 4,3–4,6%. Sebuah studi meta-analisis epidemiologi mengungkapkan bahwa infeksi H. pylori paling umum terjadi di Afrika yaitu sebesar 79,1%, diikuti oleh Amerika Latin 63,4% dan Asia sebesar 54,7%.

Di Indonesia, prevalensi infeksi H. pylori sekitar 22,1%, hal ini menunjukkan bahwa H. pylori menginfeksi sekitar satu dari lima populasi. Infeksi H. pylori secara signifikan berkorelasi dengan kejadian gastritis, penyakit gastroesophageal reflux, tukak gastroduodenal, limfoid terkait mukosa lambung limfoma jaringan (MALT), dan keganasan lambung. Pemberantasan H. pylori sangat penting dilakukan untuk mengurangi kambuhnya tukak lambung, dalam terapi utama limfoma MALT lambung, dan dalam meminimalkan risiko kanker lambung.  

Terapi eliminasi H. pylori umumnya menggunakan kombinasi terapi berbasis proton pump inhibitor (PPI) selama 7-14 hari dengan menggabungkan PPI dan minimal dua antibiotik, yang terkadang menggunakan penambahan bismut. PPI mengambil peran penting dalam pemberantasan H. pylori dengan menekan sekresi asam lambung, sehingga meningkatkan efektivitas antibiotik. Namun, angka keberhasilan terapi eradikasi berbasis PPI menurun dengan munculnya resistensi antibiotik dan penekanan asam yang tidak adekuat. Penambahan dosis PPI tidak meningkatkan tingkat eradikasi H. pylori pada rejimen berbasis PPI.

Vonoprazan dan tegoprazan adalah agen penekan asam lambung baru yang potensial, diklasifikasikan sebagai asam kompetitif kalium blocker (P-CAB), yang berfungsi sebagai penghambat H+/K+-ATPase. Pedoman di Jepang tentang manajemen infeksi H. pylori merekomendasikan penggantian PPI dengan vonoprazan pada lini pertama dan terapi pemberantasan H. pylori pada lini kedua sejak pertama kali diperkenalkan pada 2015, sedangkan tegoprazan telah diperkenalkan dan didirikan sebagai pengobatan untuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD) di Korea Selatan sejak 2018.

Tegoprazan menunjukkan manfaat klinis dalam studi fase-III untuk pasien esofagitis erosif dan memperbaiki penyakit yang berhubungan dengan lambung dan cacat motilitas dalam penelitian dengan anjing. Namun, studi tentang tegoprazan untuk pemberantasan H. pylori masih dalam proses. Beberapa uji coba kontrol non-acak (RCT), RCT, dan meta-analisis melaporkan hasil yang menggembirakan dengan menggunakan terapi berbasis vonoprazan dalam pemberantasan H. pylori. Vonoprazan diharapkan menjadi kandidat baru dalam regimen pemberantasan H. pylori.

Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti dari Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, RSUD Dr. Soetomo, Institute of Tropical Disease, Universitas Airlangga berhasil mempublikasikan review artikel pada salah satu jurnal internasional, yaitu Pharmaceuticals. Penulis mengumpulkan semua studi yang relevan setelah mencari secara komprehensif menggunakan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya melalui database online dari Pubmed library, Web Science, EMBASE dan The Cochrane. Penulis memasukkan semua artikel tentang komparatif, retrospektif, RCT, dan meta-analisis studi terapi pemberantasan H. pylori pada populasi manusia menggunakan kedua rejimen hingga April 2020. Penulis mengekstraksi data tentang rejimen berbasis vonoprazan dan berbasis PPI beserta dosisnya dan tingkat pemberantasan H. pylori.

Hasil penting yang didapat dari review artikel ini adalah efektivitas klinis dari rejimen berbasis PPI berkurang karena resistensi antibiotik. Kegagalan terapi eradikasi lini pertama disebabkan oleh munculnya H. pylori yang resisten terhadap klaritromisin dengan tingkat kegagalan 60-70%. Jika bukan karena hal tersebut, resistensi H. pylori terhadap metronidazol adalah penyebab utama pada terapi eradikasi lini kedua, terutama di Asia Tenggara. Resistensi terhadap levofloxacin telah muncul di beberapa negara dengan tingkat resistensi 20-40%. Seperti yang telah ditetapkan sebelumnya, meningkatkan dosis PPI tidak meningkatkan tingkat pemberantasan secara signifikan. Akibatnya, vonoprazan diperkenalkan sebagai kandidat substitusi PPI di semua rejimen pemberantasan H. pylori seperti yang diberikan oleh Pedoman di Jepang.

Kesimpulan yang dapat diambil dari review artikel ini adalah Vonoprazan memiliki karakteristik farmakologis yang lebih unggul daripada PPI, karena tidak ada persyaratan untuk aktivasi asam, stabilitas dalam kondisi asam, periode penekanan asam optimal yang lebih pendek, dan ketahanan terhadap polimorfisme sitokrom P (CYP)2C19. Beberapa komparatif diuji coba secara acak terkontrol dan meta-analisis mengungkapkan keunggulan vonoprazan dalam memberantas H. pylori, terutama pada strain resisten. Efek merugikan yang disebabkan oleh vonoprazan adalah penekanan asam jangka panjang yang dapat menyebabkan peningkatan serum gastrin, hipoklorhidria, dan malabsorpsi. Semua vonoprazan studi hanya dilakukan di Jepang. Studi lebih lanjut di luar Jepang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan secara universal. (*)

Penulis: Muhammad Miftahussurur, Boby Pratama Putra, Yoshio Yamaoka

Informasi yang lebih rinci dari penelitian ini dapat dilihat pada artikel kami di Pharmaceuticals, berikut kami sertakan link rujukannya:

https://www.mdpi.com/1424-8247/13/10/276

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).