Pengaruh Allicin terhadap Proliferasi Sel Progenitor Endotel Penderita Arteri Koroner Stabil

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh BBC

Penyakit Jantung Koroner masih merupakan masalah kesehatan didunia maupun di Indonesia. Data dari The Global Burden of Disease Study diperkirakan 7,2 juta orang meninggal didunia karena Penyakit Jantung Koroner. Sel Progenitor Endotel berperanan besar pada setiap stadium proses patogenesis terjadinya atherosklerosis. Penurunan dan jumlah Sel Progenitor Endotel pada Penyakit Arteri Koroner Stabil memperberat Disfungsi Endotel dan menghambat neovaskularisasi sehingga mempercepat atherosklerosis. Bawang putih diduga dapat meningkatkan jumlah dan fungsi Sel Progenitor Endotel.

Pada penelitian in vitro ini di diteliti pengaruh ekstrak bawang putih Allicin terhadap proliferasi dan fungsi Sel Progenitor Endotel pada penderita Penyakit Arteri Koroner Stabil.Sel Progenitor Endotel diisolasi dari darah tepi dengan metode Magnetic Cell Sorting. Setelah ditumbuhkan pada media CFU-Hill selama beberapa pasase, dibagi menjadi 4 kelompok, kelom[pk kontrol dan kelompok perlakuan dengan Allicin dosis 10, 50 dan 100 mg/ml diinkubasi selama 48 jam. Proliferasi Sel Progenitor Endotel diukur dengan MTT Proliferation Assay. Untuk identikasi Sel Progenito Endotel dengan pemeriksaan Imunohistokimia. Analisis data dengan Tes t independen dan ANOVA.

Didapatkan peningkatan proliferasi Sel Orgenitor Endotel pada kelompok yang diberikan Allicin dibandingkan kontrol (0.2811 ± 0,008 vs 0.194 ± 0,151 dan meningkat degan peningkatan dosis Allicin. Kuantifikasi dengan CFU-Hill terdapat penambahan koloni pada Alicin dosis tinggi. Pemeriksaan imunohistikimia juga menunjukkan peningkatan ekspresi CD34+. Allicin (bahan aktif ekstrak bawang putih) meningkatkan proliferasi Sel Progenitor Endotel yang makin meningkat dengan meningkatnya dosis Allicin sehingga dapat memperbaiki dan mencegah proses atherosklerosis.

Penulis : Budi Susetio Pikir

Informasi detil dari tulisan ilmiah ini dapat dilihat pada tulian kami di: A.Y Putri, B.S. Pikir, Y.H. Oktaviono, F. Alzahra. Effects of Garlic Extract (Allicin) on Proliferation of Endothelial Progenitor Cells (EPC) in patients with Stable Coronary Artery Disease, IOP Conf Series : Earth and Environmental Science 441 (2020) 012163. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/441/1/012163

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).