Pengaruh Inovasi Kinerja Perusahaan dengan Lingkungan sebagai Variabel Penengah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh dictio community

Inovasi yang dilakukan terus menerus akan menyebabkan perusahaan terus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih dan efisien. Pencapaian efisiensi dalam proses produksi berdampak pada pengelolaan bahan baku yang juga lebih efisien sehingga efek samping atau limbah yang dihasilkan juga akan berkurang. Ini tentu akan mempengaruhi kinerja lingkungan perusahaan. Teknik, proses atau produknya dapat menghilangkan atau mengurangi emisi dari polutan dan juga penggunaan bahan baku, sumber daya alam, dan energi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan bukti empiris dari efek positif inovasi terhadap kinerja perusahaan dan kinerja lingkungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang aktivitas inovasi dan pengaruhnya terhadap kinerja lingkungan dan kinerja perusahaan, serta bagaimana kinerja lingkungan juga dapat mempengaruhi kinerja perusahaan, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan kegiatan inovasi dan dampak yang mungkin ditimbulkan, baik pada lingkungan maupun kinerja perusahaan. Studi ini juga dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan media sehingga para pemangku kepentingan memberikan dukungan kepada perusahaan yang tepat.

Riset ini menggunakan konsep model lima kekuatan Porter. Porter menyatakan bahwa ada lima kekuatan yang menentukan intensitas persaingan dalam suatu industri, yaitu ancaman produk pengganti, ancaman pesaing, ancaman pendatang baru, daya tawar pemasok, dan daya tawar konsumen. Sejak 1960-an, kerangka kerja yang digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan adalah melakukan strategi yang memaksimalkan kekuatan internal melalui peluang eksploitasi di lingkungan eksternal, menetralisir ancaman dari lingkungan eksternal dan meminimalkan kelemahan internal perusahaan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk membangun teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan gejala. Variabel dependen atau terikat dalam penelitian ini adalah kinerja perusahaan. Variabel bebas atau bebas dalam penelitian ini adalah inovasi. Variabel mediasi dalam penelitian ini adalah kinerja lingkungan. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan dan usia perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pertimbangan yang ditentukan oleh peneliti untuk kriteria sampel adalah perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan tahunan mereka selama periode 2011-2015, perusahaan manufaktur mengungkapkan beban Penelitian dan Pengembangan secara berkala selama periode 2011-2015, perusahaan manufaktur menyajikan data yang sepenuhnya terkait dengan variabel penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisis dan studi, dapat disimpulkan bahwa inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja lingkungan perusahaan dan terbukti signifikan. Inovasi berdampak pada efisiensi produksi dan meminimalkan penggunaan bahan baku perusahaan, sehingga produk sekunder atau limbah dan polusi yang dihasilkan akan semakin berkurang dan berdampak pada peningkatan kinerja lingkungan perusahaan. Inovasi pada awalnya memiliki efek negatif terhadap kinerja perusahaan, tetapi itu tidak signifikan, karena inovasi memang membutuhkan waktu dan juga biaya tambahan keberlanjutan yang akan dibebankan pada biaya operasional perusahaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan terbukti signifikan. Kinerja lingkungan memiliki efek positif dalam memediasi pengaruh inovasi terhadap kinerja perusahaan dan terbukti signifikan. Inovasi dapat meningkatkan kinerja lingkungan. Inovasi yang dilakukan oleh perusahaan akan membawa perubahan pada proses produksi yang lebih efisien sehingga biaya operasional menurun.

Penulis: Elsa Nadia Tari, Zaenal Fanani, & Iman Harymawan  
Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:  http://produccioncientificaluz.org/index.php/opcion/article/view/31720/32982

Elsa Nadia Tari, Zaenal Fanani, & Iman Harymawan  (2020). Effect of Innovation on Company Performance with Environmental Performance as A Mediating Variable. Opción, Año 36, Especial No.26 (2020): 367-386 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).