Sentiment Analysis Trend untuk Pelaporan Keberlanjutan Industri Konstruksi di Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh ikons id

Pembangunan infrastruktur yang baik di suatu negara mencerminkan kemajuan dan kemantapan menjadi negara yang makmur, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat (Nugraha A, 2018). Saat ini, pemerintah sedang berupaya untuk turut serta menggerakkan perusahaan untuk secara langsung terlibat dalam upaya kepedulian lingkungan dengan mulai menggalakkan pemberlakukan pengungkapan sustainability report. Komitmen serius nampak pada pemberlakuan Pasal 66 ayat 2c, Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) yang berisikan tentang kewajiban perusahaan untuk menyampaikan laporan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam Laporan Tahunan.

Laporan keberlanjutan dengan konten syarat kualitatif ini, membawa kesulitan analisis secara spesifik karena basis datanya yang berupa tekstual. Untuk membantu analisis tersebut, penelitian ini membahas segi tekstual dengan menggunakan analisis yang jarang diterapkan dalam penelitian Sustainability Report, yakni pemilihan penggunaan metode analisis sentimen didalamnya. Analisis Sentimen akan difungsikan sebagai pengelolaan, pemeriksaan perasaan, sentimen, dan kecerdasan atau pikiran seorang penulis atau pembicara dalam perbedaan dengan sedikit teks tertentu.

Penelitian yang dilakukan oleh Song, Y.dkk,. (2018) menghasilkan analisis deskripsi objek subjektif dengan mengkarakterisasi interaksi antara skor CSR dan kategori sentimen laporan keuangan. Penelitian lain juga dilakukan menggunakan analisis sentiment,  namun diterapkan pada konten – konten media sosial seperti halnya facebook, twitter, maupun konten yang disajikan dalam digital.

Penelitian ini menggunakan metode Sentiment Analysis dengan bantuan software Phyton untuk menganalisis 152 laporan keberlanjutan perusahaan di sektor konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2010 sampai 2018. Penelitian ini menghasilkan bahwa informasi sentiment pada perusahaan kontruksi memilih penggunaan kata dengan sentiment positif dan berupaya menunjukkan akuntabilitas yang tinggi. Dari masing – masing perusahaan kontruksi building maupun non building, menunjukkan perhatian lebih pada pengungkapan yang dilakukan dalam sustainability report. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi peramalan kinerja keuangan serta mendukung proses pengambilan keputusan pemangku kepentingan perusahaan juga mendeteksi penipuan, mengelola risiko, dan memperkirakan kinerja masa depan. Serta penelitian ini dapat membantu para stakeholder untuk menganalisis serta membantu stakeholder dalam mengambil keputusan terkait dengan isu-isu ekonomi, sosial dan lingkungan.

Penulis : Raden Roro Widya Ningtyas Soeprajitno, Iman Harymawan, Mohammad Nasih, Melinda Cahyaning Ratri,  dan  Rohami Shafie

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di: 

https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3562012

Harymawan, I., Nasih, M., Ratri, M. C., Soeprajitno, R. R. W. N., & Shafie, R. (2020). Sentiment Analysis Trend on Sustainability Reporting in Indonesia: Evidence from Construction Industry. Journal of Security and Sustainability Issues, 9(3).

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).