Islamic Science and Technology Fair 2019 Jadi Ajang Generasi Muslim Asah Kemampuan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Jamaah Intelektual Mahasiswa Muslim (JIMM) Fakultas Sains dan Tekonologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali gelar Islamic Science and Technology Fair (ISEF) tahun 2019 pada Jumat (25/10/2019) sampai Minggu (27/10/2019).

ISEF sendiri merupakan kegiatan tahunan sekaligus program kerja terbesar dari organisasi mahasiswa (Ormawa) JIMM. Kegiatan itu digelar dengan tujuan membentuk generasi muslim yang siap secara spiritual dan intelektual untuk menyongsong bonus demografi.

“Dengan keadaan jumlah penduduk produktif yang lebih banyak daripada penduduk nonproduktif, kita ingin karya teman-teman dari siswa dan mahasiswa dapat menjadi ghiroh (semangat berbuat kebaikan, Red) generasi muslim sekarang dan nanti,” ungkap Hariawan Widi Nugroho selaku ketua pelasana kegiatan.

Pada tahun ini ISEF mempunyai empat cabang perlombaan berupa Cerdas Cermat Islam (CCI), Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Quran (LKTIA), Musyabaqoh Syarhil Quran (MSQ), dan juga Cipta Baca Puisi Islami yang baru diadakan pada tahun ini. Peserta perlombaan ISEF didominasi peserta dari Jawa Timur. Terdapat beberapa peserta dari luar jawa, salah satunya Nusa Tenggara Timur (NTB).

“Alhamdulillah untuk ISEF tahun ini berjalan dengan lancar walaupun lokasi cabang lomba MSQ dengan yang lain sangat jauh,” ungkapnya.

Kendala pada ISEF tahun ini adalah lokasi perlombaan cabang MSQ yang berbeda dengan perlombaan cabang yang lain. MSQ bertempat di Masjid Ulul Azmi, sedangkan perlombaan cabang lain di Airlangga Convention Center (ACC).

Selain mengadakan perlombaan, ISEF juga mengadakan Tabligh Akbar yang bekerja sama dengan Departemen Agama Islam (DAI) BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Departemen Kerohanian Islam (DKI) BEM Fakultas Farmasi (FF). Tabligh Akbar digelar dengan tajuk “Kesempurnaan Akidah dan Ukhuwah untuk Menyongsong Kebangkitan Umat” yang dilaksanakan di Masjid Ulul Azmi pada Minggu (27/10/2019).

Ustadz Marzuki Imron (Pembina Bonek Hijrah) diundang untuk mengisi mengenai Kajian Akidah. ISEF juga mengundang Habib Husein Ja’far Al-Haidar (Youtuber di Jeda Nulis) sebagai pengisi kajian mengenai Ukhuwah. Banjari Ulul Albab FST juga dihadirkan untuk ikut memeriahkan Tabligh Akbar. (*)

Penulis: Fahmi Royani

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).