Pelatihan Fotografi Kompas Meriahkan Festival Muda Memilih Surabaya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Iwan Setiyawan, Wakil Editor Harian Kompas Sedang Memberikan Materi Tentang Fotografi di Serangkaian Acara Festival Muda Memilih Surabaya, Bertempat di Kelas Baru 1 Airlangga Convention Center (ACC) Universitas Airlangga (UNAIR), pada Jum’at (15/02) (Foto: Fariz Ilham Rosyidi)
Iwan Setiyawan, Wakil Editor Harian Kompas Sedang Memberikan Materi Tentang Fotografi di Serangkaian Acara Festival Muda Memilih Surabaya, Bertempat di Kelas Baru 1 Airlangga Convention Center (ACC) Universitas Airlangga (UNAIR), pada Jum’at (15/02) (Foto: Fariz Ilham Rosyidi)

UNAIR NEWS – Pada serangkaian kegiatan Festival Muda Memilih Surabaya 2019, Iwan Setiyawan, Wakil Editor Foto Harian Kompas, memberikan materi pelatihan fotografi kepada mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) di Kelas Baru 1 Airlangga Convention Center (ACC) Lantai 2, Jum’at  (15/02).

Dalam kegiatan tersebut, Iwan menjelaskan bahwa foto jurnalistik adalah kegiatan yang dihasilkan wartawan selain tulisan. Sebab, foto jurnalistik dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara meluas.

Karena itu, menurut Iwan, dibutuhkan keterampilan sekaligus keberanian jurnalis foto untuk mendokumentasikan sebuah peristiwa berita.

“Contohnya kalau ada bencana, orang-orang awam akan berlarian mengekuasi diri, sementara seorang jurnalis foto akan mengabadikan momennya terlebih dulu,” ujar Iwan.

Lebih lanjut, jurnalis senior Kompas itu memaparkan bagaimana mengail informasi berita dilapangan. Menurutnya, informasi berita tidak datang sendiri, karena informasi dalam sebuah berita harus dicari, supaya beritanya valid.

“Dan yang terpenting bagaimana kita dapat mencium informasi untuk dijadikan sebuah berita yang menarik, dan sebaiknya juga kita melakukan hubungan baik dengan narasumber agar ketajaman berita itu dapet,” ujar Iwan.

Metode EDFAT

Iwan menuturkan, terdapat lima hal yang perlu diperhatikan dalam foto jurnalistik. Dia menyingkatnya EDFAT, Yaitu kependekan dari Entire, Detail, Frame, Angle, dan Time.

Entire atau dikenal established shot, menurutnya adalah keseluruhan pemotretan yang dilakukan ketika melihat sebuah peristiwa untuk mengintai bagian yang dipilih sebagai objek. Detail yaitu bagaimana sebuah sebuah foto mempunyai kerincian informasi, serta Frame adalah fase dimana pewarta mengenal arti komposisi, dan tekstur pada objek foto.

Angle yaitu tahap dimana sudut pandang menjadi dominan, seperti ketinggian, kerendahan, level mata kiri dan kanan, serta cara melihat objek foto yang diinginkan. Terakhir adalah time, yaitu berupa penentuan kapan kita harus memencet shutter kamera.

Sebagai tambahan, selain pelatihan fotografi, kegiatan Festival Memilih Muda Surabaya 2019 juga memberikan materi sepeti Bayar Kuliah Pakai Saham oleh Sunar Susanto, Msc, Bermedsos Yang Sehat di Facebook oleh Alice Budisatrijo, Pemilih Yang Aktif di Era Digital oleh Febriamy Hutapea, dan Kiat Tepis Hoax dengan Fast Checking oleh Inggried Dwi Wedhaswary.

Penulis: Fariz Ilham Rosyidi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).