Ekonomi Islam Sukses Gelar Iqtishoduna ke Tujuh

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Peserta Da'i Cilik Iqtishoduna saat Menyampaikan Materinya di Royal Plaza (15/10). (Foto: Istimewa)
Peserta Da'i Cilik Iqtishoduna saat Menyampaikan Materinya di Royal Plaza (15/10). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Bertajuk “Ekonomi Kita, Perjuangan Kita”.  Ekonomi Islam mampu menghelat acara terbesarnya setiap tahun. Ekonomi Islam yang telah berusia 10 tahun mampu memberikan appresiasi acara megah yang biasa dikenal dengan “Iqtishoduna”. Kini, Iqtishoduna telah menginjak 7 tahun dengan serangkaian acara yang menarik di berbagai tempat.

Iqtishoduna yang bertujuan untuk mendakwahkan Ekonomi Islam dengan 3 serangkaian acara yaitu, Sharia Fair (SF), Islamic Economics Olympiad (SEO), Seminar and Call for Papers (SCFP).

Sharia Fair yang dilaksanakan dari 15 – 21 Oktober 2018 di Royal Plaza Surabaya merupakan acara terbesar dari Iqtishoduna yang memiliki serangkaian acara yang mampu mendakwahkan ekonomi Islam ke masyarakat. Dengan acara, Beauty Class with Wardah, Lomba Pidacil, Lomba Banjari, Lomba Makeup dan Fashion Show, Talkshow dengan Drs. Ec. Suherman Rosyidi, Pameran Syariah terdiri dari Bisnis Syariah, Lembaga Keuangan Islam, Fashion Syariah, dan Travel Haji & Umroh.

Dalam acara Sharia Fair menghadirkan Guest Star yaitu, Syakir Daulay, Zikri Daulay, dan Chiki Fawzi. Dan penampilan spesial dari Tomach Lan Kanca, Ivo Acapella, Angklung YPAB Surabaya, Tari Sufi, Tari Saman, Acoustic Band, Fashion Show, Hip Hop Cilik, Beatbox, dan Wushu Cilik.

Alhamdulillah serangkaian acara berjalan dengan lancar dan mampu mendakwahkan Ekonomi Islam dari segala aspek kehidupan dari kalangan anak-anak hingga dewasa,” ujar Muhammad Rasyid, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam.

Ia menambahkan, dalam acara Seminar and Call for Paper (SCFP) yang dilaksankana dari 15 – 18 Oktober 2018 memiliki dua rangkaian acara. International Seminar dengan Prof. Dato’ Dr. Ahamed Kameel Mydin Meera, Jardine A. Husman, dan Dr. Imron Mawardi. Seminar dengan tema “Cryptocurrency: Prospect, Challenges, and Application in Islamic Prespective” dan Call for Paper yang diikuti oleh Universitas se-Indonesia. Setelah pengumuman juara, peserta Call for Paper mengikuti serangkaian acara Galla Dinner di Balai Kota Surabaya. Untuk kemudian, pergi Field Trip di Surabaya dengan tujuan ke Jalesveva Jayamahe, Tugu Pahlawan, dan tempat oleh-oleh Khas Surabaya.

Sedangkan Islamic Economics Olympiad (SEO) telah dilaksanakan dari 17 – 20 Oktober 2018 di Asrama Haji Surabaya. Acara yang  diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Indonesia untuk memperkenalkan Ekonomi Islam kepada para pejuang bangku kuliah nantinya. Setelah pengumuman Juara, Games dengan peserta, dan Field Trip.

“Ucapan Jazakumullah dari panitia untuk semua yang telah berantusias dan hadir dalam serangkaian acara Iqtishoduna, semoga acara ini semakin  baik ke depannya,” tegasnya.

Penulis: Rollista Dwi Oktavia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).