UNAIR Terima Penghargaan Media Sosial Terbaik dari Beritajatim

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sekretaris Universitas Koko Srimulyo (tengah) saat menerima penghargaan dari CEO beritajatim.com Dwi Eko Lokononto. (Foto: Fikri Ilhami)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga menerima penghargaan dalam Berita Jatim Award 2022 untuk kategori Media Sosial Terbaik. Pemberian penghargaan itu bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Beritajatim.com

Pemberian penghargaan itu berlangsung di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Kamis (31/3/2022). Sekretatis Universitas Dr Koko Srimulyo Drs Msi mewakili Rektor UNAIR menerima penghargaan yang diberikan oleh manajemen Beritajatim.

Mengenai pemberian penghargaan itu, Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) UNAIR Martha Kurnia Kusumawardani dr., Sp.KFR-K sebagai pengelola media sosial UNAIR memberikan tanggapan.

“Alhamdulillah ini penghargaan untuk media sosial milik kita bersama,” ucap Martha. Menurutnya, saat ini media sosial menjadi salah satu sarana informasi jujugan anak muda. Sehingga dalam pengembangannya mengacu pada tiga hal utama, yakni informatif, edukatif, dan inspiratif.

Miliki Pedoman

Sementara itu, Koordinator Media dan Branding PKIP UNAIR Febby Risti Widjayanto, S.IP., M.Sc mengungkapkan bahwa dalam penyebaran konten di media sosial UNAIR, ia dan tim berpedoman pada editorial plan. Realisasinya, editorial planner tersebut memperhatikan tiga hal, yakni akurasi, relevansi, dan skala prioritas berdasarkan kebutuhan informasi yang diperlukan bagi publik.

Foto: Fikri Ilhami (PKIP)

Pengelolaan media sosial, kata Febby, juga dilakukan dengan strategi pembedaan. Yakni, owned media, earned media, dan paid media.

“Penggunaan media sosial institusi pun memperhatikan ketiga jenis strategi tersebut. Social media analytics dipakai sebagai evaluasi mingguan mengenai tren, keterlibatan pengguna (engagement), dan impresi (impression),” ujar Febby.

“Ada tim khusus yang bertugas menganalisis tren di berbagai kanal media sosial, misalnya Instagram, LinkedIn, dan TikTok, yang kemudian menjadi bahan adaptasi konten bagi media sosial universitas,” tambahnya.

Atas anugerah yang diberikan Beritajatim.com, Febby menuturkan, bersama tim masih terus berusaha belajar dan memperbaiki kualitas. Sebab menurutnya, di era digital arus informasi mendatangkan tantangan yang baru.

Selain kategori media sosial, Beritajatim.com turut memberikan penghargaan kepada instansi lain, meliputi humas, website, perusahaan swasta, tokoh inspiratif, hingga tokoh kepala daerah. Acara ini dihadiri para stakeholter, termasuk Wakil Walikota Surabaya Emil Elestianto Dardak dan beberapa kepala daerah. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS