Asah Kemampuan Melalui TikTok, Mahasiswa FKM UNAIR Raih Juara II News Anchor

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Cuplikan Midory Autake Saat Membawakan Berita Bertema Digital Transformasi (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Di era serba digital saat ini tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Banyuwangi untuk mengasah kemampuan dibidang non akademik. Midory Autake mahasiswa FKM SIKIA berhasil meraih juara II dalam ajang lomba News Anchor on Unity Competition 2022 dengan membawakan berita bertema “Transformasi Digital” yang diadakan oleh Universitas Islam Negeri Malang.

Kepada UNAIR NEWS, pada Jumat (1/4/2022), Midory sapaan akrabnya menjelaskan bahwa dirinya sangat tertarik untuk mengasah kemampuannya di bidang non akademik seperti olahraga dan public speaking. Merasa memiliki kelebihan dalam public speaking, Ia berusaha untuk mengembangkannya dengan memanfaatkan media sosial tiktok. 

“Akhirnya saya seringkali iseng duet di TikTok yaitu sebagai announcer berita, kereta, dan pesawat, ternyata memberikan komentar baik dari teman-teman saya. Hal tersebut yang membuat saya semakin semangat lalu tertarik mengikuti banyak kompetisi nasional antar mahasiswa,” tuturnya. 

Saat membagikan video kompetisinya ke media sosial, Midory merasa kurang percaya diri karena takut akan respon negatif dari pengguna sosial media. Akan tetapi video unggahannya tersebut disambut positif oleh teman-temannya. 

“Awal mula saya tidak terlalu percaya diri untuk mengikuti kompetisi news anchor, apalagi harus share video kompetisi di sosial media. Namun, semua itu berbanding terbalik seperti yang saya pikirkan, ternyata respon positif dan dukungan teman-teman maupun pengguna sosial media menuai diri saya, sehingga saya sangat antusias dan mau untuk berkembang terus untuk mengikuti kompetisi seperti ini,” ungkapnya. 

Oleh karena itu Midory selalu memberikan usaha yang terbaik di setiap kompetisinya. “Untuk persiapannya, saya selalu usahakan memberikan yang terbaik di setiap kompetisi yang saya ikuti, mulai dari latihan membaca naskah yang terdiri dari opening, headline, isi, hingga closing,” ungkapnya.

Tak hanya itu, imbuh Midory, Ia juga berlatih untuk mengontrol intonasi suara dan mimik wajah agar sesuai dengan tema berita yang akan dibacakan. Senang atas prestasi yang diraihnya. Midory berharap agar dirinya bisa terus belajar dan memberikan pengaruh positif disekitarnya.

“Harapan besar untuk diri saya bisa terus belajar dan tidak selalu merasa puas di setiap pencapaian, lalu dengan cara personal branding di sosial media terkait potensi-potensi yang saya punya, semoga dapat memberikan pengaruh baik untuk semuanya dan terus semangat mengembangkan bakat yang dimiliki kita saat ini,” pungkasnya. 

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS