Tingkatkan Produktivitas Kerja Lewat Work Life Balance Ala Bu Yo

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
HR Practisioner And Edu Content Creator Yova Sianturi-Beltz saat memaparkan materi. (Sumber: SS Zoom Meeting)

UNAIR NEWS  – Tidak adanya keseimbangan antara pekerjaan profesional dengan kehidupan pribadi memicu menurunnya produktivitas. Padahal, pekerjaan dan kehidupan pribadi yang dijalani dengan seimbang, mampu menciptakan kehidupan yang lebih berkualitas.

Oleh karena itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) bersama dengan Yova Sianturi-Beltz seorang HR practitioner and edu content creator mengelar webinar virtual pada Rabu (16/3/2022). Pada kesempatan itu, Yova membagikan tips meningkatkan work-life balance agar dapat meminimalisir burnout ketika bekerja.

Enam Tips

Terdapat 6 tips yang Yova paparkan. Pertama accept, yakni menerima dan memahami jika tidak ada pekerjaan yang sempurna. Kedua, find a job that you love dengan menemukan pekerjaan yang disenangi. Ketiga, prioritize health, yakni bekerja dengan mempertimbangkan kesehatan, seperti kesehatan fisik, pikiran, maupun mental. Keempat, unplug, dipahami dengan memberikan waktu untuk refreshing atau healing sejenak dari rutinitas. Kelima, make time for yourself and loved ones, yakni beri waktu untuk diri sendiri dan juga pasangan. Keenam, set goals and priorities. Poin ini dapat diartikan bahwa hidup bukan soal bekerja saja tapi juga perlu menentukan tujuan dan prioritas.

Selain itu, Yova yang akrab disapa dengan Bu Yo turut membagikan tips untuk membagi waktu pekerjaan agar terorganisir dengan baik. Menurut Bu Yo, setiap dari kita akan mengalami prosesnya masing-masing dan berbeda-beda dalam memahami dan menemukan work-life balance.

“Proses setiap orang untuk work-life balance berbeda-beda,” tutur Bu Yo dalam webinar bertajuk Pentingnya Work-Life Balance dan Tips Mencapainya.

Konsisten

Lebih jauh, Bu Yo menyampaikan bahwa banyak orang mengikuti berbagai webinar tentang work-life balance berharap mendapatkan solusi. Namun, ilmu dan teori yang didapat tidak dipraktikkan di kehidupan sehari-sehari. “Mau seberapapun ikut seminar tidak akan berhasil jika tidak dipraktekkan dan konsisten,” ucapnya.

Selain tips meningkatkan work-life balance, webinar juga membagikan metode yang disebut dengan time management matrix. Metode itu digunakan untuk menetapkan prioritas serta penerapan work-life balance di kehidupan sehari-hari.

Sebagai informasi, terdapat lebih dari 100 partisipan baik mahasiswa UNAIR maupun masyarakat umum mengikuti webinar tersebut. Webinar merupakan satu rangkaian acara dengan Company Session Airlangga Online Career Fair (AOCF) 2022 digelar oleh DPKKA UNAIR. (*)

Penulis: Septiana Wulandari

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp