Kabinet Sinergi KM FKp UNAIR Fokus Kembangkan SDM Guna Dukung SDG’s

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ketua KM FKp UNAIR 2022 Iqbal Maulana Salsabila (kiri) bersama wakil ketua Uswah Nurul Izzati. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Awal tahun menjadi momen yang pas untuk melakukan regenerasi organisasi. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (KM FKp UNAIR) dengan menyelenggarakan pemilihan umum raya beberapa waktu lalu. Hasil dari pemilihan itu, Iqbal Maulana Salsabila terpilih sebagai Ketua KM FKp UNAIR 2022 dengan wakil ketua Uswah Nurul Izzati.

Iqbal menuturkan bahwa kabinet yang ia usung yaitu Kabinet Sinergi memiliki arti penting, yaitu bersinergi, reponsif, dan prestatif. Kabinet Sinergi membawa semangat sinergi dan berkolaborasi dengan empat organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di FKp, responsif dalam pengelolaan administrasi, dan prestatif dalam peningkatan minat dan bakat sivitas KM FKP UNAIR.

Iqbal menuturkan, sebagai upaya meningkatkan sinergi, responsif, dan prestatif, pihaknya bersama tim mengusung beberapa program kerja unggulan. “Beberapa program kerja kami yaitu Kelompok Belajar, Happy Ners Day, Training Evolution Internal, Nasional Essay Competition SDG’s, dan Merchandise,” ucapnya pada Selasa (5/1/2022).

Kelompok Belajar, lanjut Iqbal, menjadi wadah mentoring mahasiswa FKp dalam pengembangan prestasi yang dibimbing oleh mentor berpengalaman di bidangnya. Sedangkan Happy Ners Day merupakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Perawat Dunia dan Training Evolution Internal atau Treonin yaitu training ujian kompetensi mahasiswa keperawatan berkolaborasi dengan Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“Kami juga akan menyelenggarakan lomba essay tingkat nasional untuk mendukung program Sustainable Development Goals. Subtema dari program ini didasari dari latar belakang target SGDs. Ada juga penambahan merchandise di program kerja unggulan kami yaitu baju atau jaket, dengan sasaran penjualan yaitu mahasiswa, alumni, dan sivitas akademika FKp UNAIR,” jelasnya.

Baca Juga: Mahasiswa FKp Gali Wawasan Kewirausahaan dalam Bidang Keperawatan

Menurut Iqbal, program kerja unggulan Kabinet Sinergi merupakan wujud KM FKp UNAIR dalam menjunjung serta mendukung program SDGs. Sehingga ia berharap, KM FKp UNAIR mampu berpartisipasi mendukung program SDG’s sesuai dengan visi Kabinet Sinergi.

“Untuk misi kami sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya yang sekiranya dapat menjadikan FKp UNAIR lebih baik lagi kedepannya dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” tegasnya.

Diakhir wawncara, Iqbal berharap semua program kerja yang diusung KM FKp UNAIR Kabinet Sinergi dapat terlaksana lancar tanpa hambatan. Yang lebih penting lagi yaitu membawa manfaat bagi mahasiswa FKp UNAIR dan stakeholder yang terlibat. Selain itu, ia berharap Kabinet Sinergi dapat menciptakan iklim juara bagi KM FKp UNAIR dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan di luar akademik, seperti perlombaan dan student exchange.

“Serta terbentuknya solidaritas yang kuat antar pengurus KM FKp UNAIR, sehingga seluruh program kerja dapat berjalan dengan lancer. Selain itu harapanya Kabinet Sinergi mampu bersinergi dengan seluruh ormawa dalam mengembangkan FKp UNAIR menjadi lebih baik,” tutup Iqbal. (*)

Penulis : Ananda Wildhan Wahyu Pratama

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS