Maksimalkan MBKM, FPK UNAIR Gandeng Beberapa Mitra

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Setho Hadisuyatamana melakukan pertemuan dengan delegasi sekolah kedokteran tertua Rusia, Sechenov University, pada Rabu (27/3/2019). (Foto: Binti Q. Masruroh)

UNAIR NEWS – Fakultas Perikanan (FPK) Universitas Airlangga (UNAIR) sangat mendukung dan memfasilitasi seluruh mahasiswanya yang telah terseleksi untuk mengikuti program MBKM. Pihak fakultas menyediakan sistem konversi SKS serta pendampingan MBKM. Sehingga mahasiswa yang mengikutinya tidak perlu khawatir akan ketinggalan atau tidak dapat memenuhi SKS pada semester saat mengikuti MBKM.

Putri Desi Wulan Sari, S.Pi., M.Si., selaku Kepala Program Studi (KPS) Akuakultur, mengatakan bahwa sejauh ini FPK UNAIR telah menjalankan program magang sebagai bentuk implementasi program MBKM. Pihak fakultas banyak bekerja sama dengan beberapa stakeholder untuk merealisasikan keikutsertaan mahasiswanya dalam program MBKM. Ia juga menambahkan terkait para stakeholder berasal dari universitas dan praktisi yang telah bekerja sama dengan FPK UNAIR.

“Program MBKM yang sedang dijalankan oleh fakultas salah satunya yakni magang bagi mahasiswa di mitra industri. Magang tersebut terlaksana melalui program Kemdikbud Ristekdikti maupun yang diselenggarakan oleh FPK bekerja sama dengan stakeholder,” terangnya. 

“Selain itu beberapa program seperti kampus mengajar, pejuang muda, pertukaran mahasiswa, dan studi mandiri berbasis riset pun juga bekerja sama dengan beberapa universitas dan praktisi yang telah bekerja sama dengan FPK,” tambahnya.

Untuk memfasilitasi baik informasi dan pendampingan, pihak fakultas juga bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FPK. Melalui BEM FPK berharap seluruh informasi terkait program MBKM dapat dimengerti dan diakses dengan mudah oleh mahasiswa. Selain itu informasi juga dapat diperoleh dari pihak Sub Badan Administrasi Mahasiswa.

Desi juga mengatakan bahwa fakultas secara berkala melakukan evaluasi terhadap program MBKM. Salah satunya yakni tim fakultas melakukan kunjungan lapangan demi meninjau langsung mahasiswa yang sedang mengikuti program MBKM. 

“Evaluasi terhadap proses pelaksanaan kegiatan mahasiswa yang telah dilakukan bersama mitra, meliputi adanya kunjungan ke lapang, penjajakan sinergi kurikulum, serta monitoring evaluasi yang dilakukan dengan melibatkan institusi dan mitra terkait,” terangnya. (*)

Penulis: Muhammad Ichwan Firmansyah

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS