Fakultas Vokasi UNAIR Berikan Program Kompetensi Bagi Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para relawan Senyum Desa berjalan menuju Kampong Tenggher, Desa Banjar, Kecamatan Kedungdung, Sampang Madura. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Fakultas Vokasi (FV) UNAIR secara serius memberikan pelayanan dan informasi terkait program MBKM kepada seluruh mahasiswanya. Kepada UNAIR NEWS, Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, drh., M.Kes., selaku Dekan Fakultas Vokasi mengatakan bahwa pihak fakultas telah menjalankan program MBKM yang sangat kompeten bagi para mahasiswa. Pihak fakultas melalui layanan Sub Bagian Administrasi Akademik (SBAK) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FV telah memberikan seluruh informasi terkait program MBKM. Seluruh mahasiswa boleh mengikuti program tersebut selama memenuhi persyaratan yang tertulis.

“Selama ini mahasiswa FV sudah melaksanakan  kegiatan praktik atau magang di berbagai Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA),” ucapnya.

Mekanisme yang diterapkan FV yakni selama satu hingga dua semester mahasiswa akan melakukan magang di IDUKA. Sebelumnya, satu semester dilakukan di luar program studi pada satu universitas. Kemudian dua semester selanjutnya boleh melakukannya di universitas lain dan di luar program studi.

“Dengan program MBKM selama ini yaitu satu semester di luar program studi yang dalam satu Universitas. Kemudian dua semester di luar program studi dan di luar universitas sudah sangat sesuai untuk Vokasi,” terangnya. 

Dalam berjalannya program, mahasiswa telah mengikuti dalam bentuk magang dan studi independen bersertifikat, dan yang lainnya. Mahasiswa bebas untuk memilih tempat dan tema yang mereka minati. Sehingga dengan demikian mahasiswa dapat lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan program MBKM.

Prof. Anwar menjelaskan terkait rencana kedepan FV di tahun 2022. Rencananya adalah akan membuat program bertaraf internasional untuk mahasiswa yang ingin mewujudkan mimpinya ke luar negeri. Dalam mewujudkannya, pihak fakultas melalui Program Direktorat Jenderal Vokasi berencana mengadakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

“Program Direktorat Jenderal Vokasi di tahun 2022 akan memberikan banyak program MBKM yang tahun 2021 belum ada seperti IISMA khusus untuk mahasiswa Vokasi,” ucapnya.

Oleh karena itu, dengan adanya tambahan program yang sangat bermanfaat dan penting, Prof. Amin berharap seluruh mahasiswa lebih bersemangat lagi kedepannya. Mahasiswa harus lebih berkompeten dan bersungguh-sungguh dalam menyiapkan diri untuk mengikuti baik program yang sedang berjalan maupun program kedepan.

“Kami sangat berharap banyak mahasiswa Vokasi untuk memanfaatkan program tersebut. Untuk IISMA di 2022 khusus untuk mahasiswa Vokasi jenjang Diploma 4 (Sarjana Terapan),” pungkasnya.

Penulis : Muhammad Ichwan Firmansyah

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS