Wiksadipa UNAIR Gelar Pelatihan Kehumasan Bagi Mahasiswa dan Umum

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Suko Widodo selaku Ketua Wiksadipa UNAIR saat memberikan paparan. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Bidang Public Relation atau kita kenal dengan humas merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh anak muda saat ini. Hal tersebut dikarenakan public relation identik dengan elegan, keren, rapi, sehingga memberikan kesan yang disukai oleh masyarakat. Menanggapi kebutuhan akan public relation di kalangan anak muda, WIKSADIPA UNAIR menggelar pelatihan kehumasan yang diadakan pada Sabtu (06/11/2021) secara online melalui platform zoom meeting.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum tersebut mengundang tiga pemateri yaitu Dr. Santi Isnaini S.Sos., M.M., Andri Suryandari, M.Med.Kom., AMIPR, dan Emil Faiza, S.Pd., M.Med Kom., CIT. Suko Widodo selaku Ketua Wiksadipa UNAIR menyampaikan bahwa ketiga pemateri tersebut merupakan praktisi di bidang public relation, karena tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk melahirkan public relation muda utamanya mahasiswa agar kedepan dapat memberikan perubahan di bidang public relation

“Ketiga pemateri tersebut merupakan tiga srikandi yang sangat hebat dalam bidang public relation, sehingga silakan diambil sebanyak-banyaknya ilmu dari beliau,” jelasnya.

Dr Santi Isnaini S.Sos., M.M., membawakan materi mengenai dasar-dasar organisasi, beliau menyampaikan bahwa bidang public relation merupakan bidang yang seksi, banyak orang yang mengidentikan bidang kehumasan dengan orang yang glamor, networking luas.

“Ketika dulu masih dibangku perkuliahan sekitar tahun 1997-an, public relation identik dengan perempuan,” ungkap Dosen Ilmu Komunikasi UNAIR Tersebut.

Sedangkan Andri Suryandari, M.Med.Kom. AMIPR yang merupakan Perhumas Surabaya menyampaikan materi mengenai public speaking. Beliau menjelaskan bahwa public speaking adalah sebuah alat, skill, menyampaikan informasi pada seseorang ataupun khalayak umum. 

“Untuk berbicara kita bisa tapi bagaimana kita menyampaikan terkadang kita gagal atau kurang berhasil, sehingga public speaking jadi hal yang sangat penting,” jelasnya.

Materi selanjutnya yaitu Handling Complaints yang dibawakan oleh Emil Faiza, S.Pd., M.Med Kom., CIT. Handling Complaints adalah teknik mengatasi komplain pelanggan baik dari media sosial maupun secara langsung. 

“Bagian paling penting dalam Handling Complaints adalah mendengarkan,” tutupnya.

Penulis: Ananda Wildhan Wahyu Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp