Simak Pentingnya Digital Marketing dalam Mengembangkan Startup

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyampaian materi oleh Niko Julius melalui live streaming YouTube pada Rabu, (28/07/2021).

UNAIR NEWS – Digital marketing sangat penting dalam pengembangan startup. Digital marketing menjadi penghubung antara produk dengan konsumen. Strategi pemasaran melalui digital tidak berfokus pada platform digital namun bagaimana pengolahan konten.

“Melalukan pemasaran jangan fokus ke platform digitalnya tapi pada marketing campaign yaitu fokus pada kontent,” jelas Abi Sapta Widura, S.Kom.,MMSI., dalam webinar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada Rabu, (28/07/2021).

Webinar yang dadakan oleh Universitas Airlangga bekerja sama dengan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menghadirkan tiga pembicara. Pertama, Audrey Maximillian Herli, Co-Founder Riliv. Kedua, Niko Julius, Founder Socialmediamarketer.id. Dan ketiga, Abi Sapta Widura, S.Kom.,MMSI., digital marketer strategic.

Niko menjelaskan kerangka dalam strategi digital marketing yang dapat digunakan salah satunya adalah race framework. Race framework merupakan kerangka online dengan basis aktivitas pemasaran multichannel yang meliputi full customer lifecycle.

“Race framework menggunakan kerangka yang memanfaatkan semua multi-channel pemasaran yang ada terutama yang bisa mencakup semua customer lifecycle. Dalam perjalanan race ini, harus disadari ada beberapa tahapan yang sebenarnya ada lima yaitu plan, reach, act, convert, dan engage,” jelasnya.

Race framework terdiri dari lima komponen atau tahapan penting. Pertama, perencanaan di awal (plan) untuk menemukan gambaran besar dari startup. Kedua, mengembangkan audiens (reach) dengan metode organik maupun berbayar (iklan) dan media sosial. Ketiga, setelah mengembangkan audiens sebanyak mungkin, pada tahan act fokus pada memberikan solusi sebuah permasalahn tujuan utama untuk mendapatkan prospek.

Keempat, mendapatkan konversi (convert) penjualan memanfaatkan CRO, marketing automation, dan retargeting sekaligus membangun hubungan dengan user. Dan kelima, engage yaitu memberikan kenyamanan pada konsumen untuk mendapatkan awareness dan repeatable sales and referral.

Selanjutnya Abi menjelaskan faktor penentu keberhasilan iklan atau agar terjadinya penjualan diperlukan sinkroniasai tiga hal. Produk yang baik, audience dengan interest yang tepat, dan marketing campaign yang dapat membangkitkan minat beli.

Penyampaian materi oleh Abi Sapta Widura, S.Kom.,MMSI., melalui live streaming YouTube pada Rabu, (28/07/2021).

Framework dimana kalau menjalankan sebuah campaign harus tahu tiga hal ini. Yang pertama produk apa yang ditawarkan, yang kedua harus jelas audiensnya siapa. Kemudian baru memikirkan marketing campaign-nya seperti apa,” jelasnya.

Digital marketing memiliki peranan penting dalam mengembangkan startup. Penggunaan digital marketing dalam pengembangan startup didasarkan atas empat hal yaitu cost effevtice, scalable, timely and instant, dan measurable.

“Alasan kenapa kita perlu memakai digital marketing, yang pertama cost effective, sangat efektif yang dapat menjangkau ribuan orang, scalable, timely dan instant, dan kemudian measurable karena datanya jelas,” jelas Abi. (*)

Penulis: Wiji Astutik

Editor:  Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp