Pandemi Covid-19 yang terus berlangsung mendorong berbagai layanan di Universitas Airlangga melakukan sejumlah adaptasi. Penggunaan fitur-fitur online menjadi salah satu solusi. Seperti halnya dilakukan Perpustakaan Universitas Airlangga. Layanan dalam upaya mendukung kegiatan keilmuan dan akademik terus dilakukan. Lalu, bagaimana layanan perpustakaan selama pandemi Covid-19 berlangsung, terutama terkait dengan pemijaman buku dan perpanjangan buku. Berikut kami berikan informasinya:
Cara peminjaman buku saat pandemi covid-19
1. Cari buku
Pemustaka mencari buku yang akan dipinjam di http://ailis.lib.unair.ac.id./opac
2. Pesan Buku
Buka laman bit.ly/pesanpinjambuku (surel domain UNAIR). Lengkapilah form
3. Disiapkan petugas
Petugas mengecek dan menyiapkan koleksi. Buku yang disiapkan sudah
melalui protokol kesehatan
4. Ambil buku
– Buku diambil sesuai waktu dan lokasi yang disepakati dengan menunjukan KTM (pemberitahuan via WA & email)
– Koleksi yang tidak diambil selama 2 x 24 jam akan dibatalkan pemesanannya oleh petugas
5. Batas waktu
Batas waktu peminjaman 14 hari. #belajardirumahsaja
Cara perpanjangan Buku saat pandemi covid-19
1. Download AILIS
Download aplikasi AILIS for student di http://bit.ly/ailisstudent.
2. Perpanjangan
Pemustaka memperpanjang buku melalui aplikasi AILIS FOR DTUDENT
3. notifikasi
Notifikasi perpanjangan akan masuk ke WhatsApp dan email pemustaka
4. cek status
Buku dengan status telah diperpanjang akan muncul. Buku akan siap
menemanimu kembali
5 Ingat batas waktu
Ingat dan cek batas perpanjangan buku dan kembalikan buku tepat waktu
Penulis: Feri Fenoria