Rayakan Waisak, Anggota UKM Buddha Ajak Masyarakat Donor Darah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu anggota UKKB saat Vesak Festival di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Minggu (22/5). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Hari Raya Tri Suci Waisak ke-2560 yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2016 turut dirayakan oleh para anggota Unit Kegiatan Kerohanian Buddha (UKKB) Universitas Airlangga. Anggota UKKB UNAIR mengadakan aksi sosial dan menarik perhatian pengunjung di Tunjungan Plaza 3, Surabaya.

Bekerjasama dengan Young Buddhist Association (YBA), ‘Selfless’ dipilih sebagai tema perayaan Vesak Festival tahun 2016. ‘Selfless’ dimaknai sebagai bentuk menghargai orang lain, menyayangi makhluk hidup, tidak egois dengan sesama dan menjadi pesan damai bagi umat manusia. Dalam agama Buddha, ada ajaran bernama Amisa Dana yang berarti pemberian dalam bentuk materi.

Dalam perayaan kali ini, para anggota UKKB UNAIR mengajak masyarakat termasuk anggotanya sendiri, untuk memberikan sebagian rambutnya untuk disumbangkan dan dijadikan wig. Selain itu, ada pula donor darah bersama Palang Merah Indonesia untuk meramaikan acara tersebut.

“Ada dua orang dari UKKB yang memberikan sebagian rambutnya untuk dipotong kemudian disumbangkan dan dijadikan wig. Mereka adalah mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2014 Jolinda Cahyani, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2012 angkatan Liza Augustina,” jelas Natasya Andrina Maharani dari Ketua Divisi Media dan Keterampilan UKKB.

Selain aksi sosial, pengunjung juga diajak menikmati Teropong Kardus Digital. Untuk bisa menonton video, pengunjung harus mengintip melalui teropong yang disediakan. Video itu bercerita tentang kesabaran dan cinta kasih sayang.

Pada perayaan itu, ada pula patung Buddha tidur bernama Buddha Parinbbana berukuran 6 meter, dan patung Buddha setinggi 8 meter yang dibuat dari 1500 kardus dipajang di pelataran atrium TP 3. Uniknya, semua benda yang dipamerkan dibuat dari kardus bekas, sebagai salah satu karya seni kreatif sekaligus sebagai wujud aksi peduli lingkungan yang sesuai dengan tema festival. (*)

Penulis: Disih Sugianti
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).