Kiprah Pengabdian Mahasiswa Formara UNAIR untuk Madura

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu kegiatan Abdi Desa yang dilakukan oleh Forum Mahasiswa Madura UNAIR. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Semangat pengabdian mahasiswa Madura tetap berkobar meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Madura (Formara) Universitas Airlangga (UNAIR) itu melakukan Abdi Desa di Tambelangan, Sampang, Madura. Formara mengonsep berbagai kegiatan dalam Abdi Desa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Aulya Farah Fahreza selaku Penanggung Jawab (PJ) Abdi Desa pada Rabu (16/2/2022) mengungkapkan bahwa Formara Abdi Desa adalah salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tepatnya poin ketiga dari Tri Dharma, yaitu melakukan pengabdian masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat mahasiswa Formara UNAIR.

“Kami ingin terjun langsung di lingkungan masyarakat, utamanya masyarakat di daerah Madura, tanah kelahiran kami,” ungkapnya.

Abdi Desa merupakan rangkaian acara Dies Natalis Formara (DNF) 2022 yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dengan berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, Formara melaksanakan pengabdian masyarakat di Dusun Mambulu, Desa Mambulu Barat, Kecamatan Tambelangan, Sampang, Madura.

“Kami memilih Dusun Mambulu karena daerah tersebut merupakan daerah yang potensial untuk dilaksanakan pengabdian, sehingga kami dapat menyesuaikan semua konsep yang sudah kami siapkan di daerah tersebut,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Farmasi UNAIR itu menjelaskan ada beberapa kegiatan dalam Formara Abdi Desa. Di bidang ekonomi dan wirausaha, di antaranya adalah revitalisasi kolam, sosialisasi pembuatan probiotik hewan ternak, dan peresmian kolam budidaya ikan air tawar.

Di bidang keagamaan dan sosial masyarakat Formara Abdi Desa menyelenggarakan acara Isra’ Mi’raj, peresmian remaja masjid Darul Mu’minin, dan Malam Keakraban (Makrab). Sedangkan di bidang pendidikan dan kesehatan mereka membuat acara Formara Mengajar, Medical Check-up, dan khitanan massal.

Mahasiswa asal Sampang yang akrab disapa Aul itu berharap Abdes Formara dapat memberi manfaat untuk semua pihak yang terlibat. Semoga dapat memberikan pengalaman tentang bagaimana kehidupan di desa, menambah saudara, serta memberikan kenangan yang tidak akan terlupakan.

Untuk masyarakat Tambelangan, Aul berharap masyarakat bisa lebih sadar dan peduli tentang kesehatan dan teredukasi tentang asupan tambahan untuk hewan ternak. Semoga budidaya ikan air tawar dapat meningkatkan perekonomian warga setempat dan remaja masjid yang sudah dibentuk dapat mengelola masjid menjadi lebih baik.

Semarak Formara Abdi Desa mendapat dukungan dan support dari berbagai pihak. Di antaranya adalah Senyum Desa, Pengurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor Tambelangan, Satuan Koordinasi Rayon (Satkaryon) Banser Tambelangan, Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Tambelangan, Remaja Masjid Darul Mu’minin, dan warga setempat. (*)

Penulis :  Sandi Prabowo

Editor  : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp