Antioksidan Daun Jeruk Purut sebagai Agen Potensial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto by DokterSehat.com

Timbal yang terakumulasi berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan kualitas spermatozoa pada pria. Salah satu sumber paparan timbal yaitu asap limbah dari pabrik peleburan aki bekas yang tidak memiliki sarana pengendalian partikulat. Dari hasil telaah beberapa studi ditemukan bahwa paparan timbal  dapat menurunkan jumlah spermatozoa, morfologi abnormal, motilitas dan konsentrasi spermatozoa, peningkatan peroksidasi lipid, penurunan kadar GSH dan tidak adanya proses spermatogenesis pada tubulus seminiferus pada uji histopatologi pada hewan coba yaitu mencit. Pada tulisan ini akan dijelaskan lebih jauh tentang efek paparan timbal terhadap kualitas spermatozoa dan peranan antioksidan daun jeruk purut untuk mengatasi efek tersebut.

Timbal masuk ke dalam tubuh melalui inhalasi. Proses ini dipengaruhi oleh faktor ukuran, bentuk dan fase partikel timbal. Kemudian, timbal masuk ke pembuluh darah manusia dan terakumulasi dalam eritrosit. Akumulasi tersebut dapat meningkatkan jumlah ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan senyawa radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena timbal menghambat kerja enzim antioksidan tubuh, seperti superoksida dismutase dan glutation peroksidase karena afinitasnya yang tinggi terhadap gugus sulfhidril pada enzim tersebut. Selain itu, timbal juga berkompetisi dengan ion esensial lainnya dalam tubuh yang berperan sebagai kofaktor reaksi penting seperti pada aktivitas enzim superoksida dismutase dan katalase. Kedua mekanisme diatas menyebabkan ketidakseimbangan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang nantinya menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh salah satunya spermatozoa.

Jumlah ROS yang berlebihan dapat merusak spermatozoa melalui beberapa mekanisme yaitu peroksidasi lipid, modifikasi protein dan kerusakan DNA. Pertama, peroksidasi lipid menyebabkan kerusakan atau gangguan pada struktur spermatozoa, fungsi transpor, regulasi ion dan metabolit, serta transduksi sinyal dari reseptor. Hal ini menyebabkan penurunan ATP intraseluler sehingga terjadi kerusakan akrosom, penurunan fluiditas dan permeabilitas membran, yang lebih jauh dapat menyebabkan penurunan motilitas spermatozoa. Mekanisme kedua yaitu modifikasi protein. Membran plasma spermatozoa rentan terhadap kerusakan akibat stres oksidatif karena memiliki kandungan yang tinggi akan Polyunsaturated Fatty Acids. Senyawa ini tersusun atas banyak ikatan rangkap seperti Docosahexaenoic Acid. Molekul ini reaktif terhadap radikal oksigen sehingga menghasilkan lipid aldehida yang sangat reaktif, seperti malondialdehid. Senyawa ini yang menyebabkan modifikasi protein dan kerusakan DNA. Selama proses spermiogenesis remodelling kromatin juga dapat terjadi melalui proses oksidasi tiol.

Ketiga, peningkatan ROS dapat menyebabkan rusaknya integritas DNA spermatozoa sehingga terjadi apoptosis sel epitel germinal yang berdampak pada jumlah dan morfologi spermatozoa. Stres oksidatif menyebabkan dekondensasi nuclear yang dapat meningkatkan kerentanan DNA spermatozoa yang dirusak oleh radikal bebas. Selain itu, stress oksidatif menyebabkan fragmentasi DNA spermatozoa dengan memodifikasi basa seperti 8-OH-guanine dan 8-OH-20–deoxyguanosine.

ROS terdiri dari superoksida (·O2-), hidrogen peroksida (H2O2), radikal proksi (·R OO), dan hidroksil (·OH-). ROS disebut radikal bebas karena mengandung setidaknya satu elektron valensi yang tidak berpasangan dan mengambil elektron dari senyawa lain dan menyebabkan oksidasi. Antioksidan adalah senyawa yang menetralisir radikal bebas dengan memberikan elektronnya kepada molekul radikal bebas serta dapat memutus reaksi berantai radikal bebas. Senyawa antioksidan alami memiliki gugus -OH dan ikatan rangkap dua (>C=C<). Gugus-gugus ini dapat memberikan 1 molekul hidrogennya sehingga ROS menjadi stabil dan terbentuk radikal bebas baru yang kurang reaktif.

Daun jeruk purut merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang memiliki antioksidan dari kelas flavonoid. Selain memiliki sifat antioksidan, flavonoid sekaligus merupakan chelating agent, yaitu senyawa yang dapat mengikat senyawa metal seperti timbal dan membentuk kompleks supaya timbal yang berlebihan dapat dikeluarkan dari tubuh manusia. Dari hasil telaah beberapa studi pada penelitian ini, ditemukan bahwa ekstrak tumbuhan yang mengandung flavonoid dan fenol dapat meningkatkan jumlah, morfologi normal dan motilitas spermatozoa mencit yang terpapar timbal asetat walaupun tidak bisa mengembalikannya pada keadaan sebelum terpapar timbal. Kandungan flavonoid dominan pada daun ini adalah senyawa hesperetin. Hesperetin memiliki struktur tiga kelompok hydroxy yang terletak pada posisi 3′-, 5- dan 7 serta substituen metoksi tambahan pada posisi 4′-. Selain itu juga memiliki cincin C jenuh dan ikatan rangkap jenuh antara posisi 2 dan 3.

Hesperetin bekerja sebagai antioksidan melalui dua cara yaitu radical scavenging langsung dan augmentasi pertahanan seluler. Radical scavenging langsung berperan pada proteksi DNA, protein, dan jaringan dalam melawan kerusakan yang disebabkan faktor intrinsik (onkogen) dan faktor ekstrinsik (radiasi, inflamasi, dan toksin). Sedangkan augmentasi pertahanan seluler berperan menghambat kerusakan sel dengan meningkatkan regulasi ekspresi gen Nrf2 dan ERK ½, yang aktivasinya mengarah pada peningkatan regulasi ekspresi HO-1. Hal ini menyebabkan penurunan prooksidan intraseluler dan peningkatan bilirubin sebagai antioksidan internal. Dapat disimpulkan bahwa daun jeruk purut memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas spermatozoa (jumlah, morfologi normal, motilitas, viabilitas spermatozoa) yang terpapar timbal  karena memiliki senyawa hesperitin yang merupakan antioksidan dari kelas flavonoid.

Penulis : Azarine Ariqoh Arysanti Bahyshidqi, Safira Nur Izzah, Sofia Zahra Kamila, Reny I’tishom

Judul Artikel : The Potency of Kaffir Lime Leaf (Citrus Hystrix) Ethanol Extract Against Lead Acetate Toxicity on Spermatozoa Quality of Mice (Mus musculus)

Link Artikel : https://medicopublication.com/index.php/ijfmt/article/view/14667

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp