“Show Up Your Skill VOD” Ajak Mahasiswa Tunjukan Keahlian Public Speaking dan Debat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
“Show Up Your Skill VOD” Ajak Mahasiswa Tunjukan Keahlian Public Speaking dan Debat. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS –  Viva Outer Division (VOD) hari kedua pada Sabtu (19/9/21) dibuka dengan orasi dari Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) oleh Hanif Rizky dan orasi dari Wakil Presiden Keluarga Mahasiswa, Ananda Wildhan. Hanif Rizky mengajak mahasiswa baru untuk merubah pemikiran-pemikiran semasa SMA dan beralih ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perkuliahan, ia juga berpesan untuk mengupgrade skill untuk dapat berproses lebih lanjut di perkuliahan nanti. Sedangkan Ananda Wildhan dalam orasinya menceritakan kilas balik perjuangan mahasiswa era 1998 yang berhasil membuat Presiden Soeharto kala itu mundur dari jabatanya.

“Keberhasilan mahasiswa era 1998, tak lepas dari perjuangan aspirasi yang digaungkan oleh mahasiswa seluruh Indonesia,” ucap Wildhan dalam orasinya.

Diwawancarai pihak UNAIR NEWS, Azka Fauziyah selaku Sie Acara VOD 2021 menuturkan bahwa VOD hari ketiga,mengangkat tema “Show Up Your Skill” yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill berupa public speaking dan studi politik. Pengaplikasian materi public speaking yaitu melalui debate di acara selanjutnya.

“Debatnya dibagi per kelompok sehingga seluruh mahasiswanya bisa menunjukan dan meningkatkan skill masing-masing,” ungkapnya.

Setelah debat, sambung Azka, acara dilanjutkan dengan materi studi politik. Materi Studi politik sangat relate dengan mosi debate yang sebelumnya dibicarakan. Sehingga materi studi politik sebagai penyempurnaan materi mengenai mosi yang telah dibicarakan di sesi debate tersebut.   

“Pemateri studi politik juga menyampaikan bahwa materi ini relevan dengan materi sebelumnya,” ungkapnya.

Pada akhir wawancara, Azka berharap dari materi mengenai Show Up Your Skill, mahasiswa baru dapat mengembangkan soft skill yang dimiliki. khususnya kemampuan public speaking dan berpikir kritis, sehingga dapat menjadi manfaat bagi mahasiswa baru di perkuliahan nantinya.  

“Jadi agar, mereka tidak malu lagi dan berani untuk showup skill yang dimiliki. Karena sebetulnya mereka berpotensi, namun terkadang kurang panggung dan percaya diri masih kurang,” tutupnya.

Penulis: Ananda Wildhan Wahyu Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp