PSDKU UNAIR Banyuwangi Episentrum Pendidikan di Negeri Sunrise of Java

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Nauval Witartono, Ketua Keluarga Mahasiswa 2019-2020 ketika memberikan materinya yang berjudul “PSDKU UNAIR Banyuwangi Sebagai Episentrum Pendidikan Di Negeri Sunrise Of Java” . (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – PSDKU Universitas Airlangga didirikan dan diresmikan di Kabupaten Banyuwangi oleh Bupati Azwar Anas pada tahun 2014. Pada tahun tersebut, menjadi tahun pertama PSDKU UNAIR berkiprah di kabupaten paling ujung timur pulau Jawa. Selain itu dengan hadirnya PSDKU UNAIR di Kabupaten Banyuwangi, maka bertambahlah sektor pendidikan tinggi di kabupaten yang dijuluki The Sunrise of Java. Berikut merupakan kalimat pembuka Nauval Witartono, Ketua Keluarga Mahasiswa 2019-2020 ketika memberikan materinya yang berjudul “PSDKU UNAIR Banyuwangi Sebagai Episentrum Pendidikan Di Negeri Sunrise of Java” pada kegiatan VOD hari kedua. 

Nauval menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada Mahasiswa Baru PSDKU UNAIR Banyuwangi angkatan 2021. Ia mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi menjadi Episentrum Pendidikan di Kabupaten Banyuwangi. 

“Percayalah, kalian beruntung dalam segala keterbatasan yang ada,” ungkapnya menyemangati mahasiswa baru 2021.

Alasan pertama, sambung Nauval, karena PSDKU UNAIR merupakan satu-satunya universitas negeri yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Meskipun terdapat Politeknik Negeri Banyuwangi, namun Politeknik Negeri berbeda dengan Universitas Negeri. Alasan selanjutnya, yaitu adanya Institutional Conflict of Interest. Konflik yang tumbuh antara pemerintah dan institusi menjadi sebuah peluang mahasiswa untuk bergerak sebagai mediator antara pemerintah dan institusi.

“Ada sisi lain dari pengembangan PSDKU UNAIR Banyuwangi yang tidak bisa diselesaikan di meja, sehingga perlu adanya mahasiswa sebagai mediator permasalahan tersebut,” jelasnya.

Alasan terakhir yaitu kuantitas mahasiswa di Kabupaten Banyuwangi yang terbilang masih sedikit. Hal tersebut menjadi sebuah peluang bagi mahasiswa UNAIR untuk dapat tampil dan berkontribusi dalam pengembangan mahasiswa di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu dengan hadirnya PSDKU UNAIR Banyuwangi, hadir mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Banyuwangi dan memberikan warna baru bagi Kabupaten Banyuwangi. 

“Dengan adanya PSDKU UNAIR di Banyuwangi, Perekonomian di sekitar kampus semakin meningkat karena banyaknya mahasiswa yang kos, selain itu mungkin banyuwangi akan menjadi Malang 2 yang menjadi pusat hadirnya berbagai mahasiswa dari seluruh Indonesia.” tutupnya.

Penulis: Ananda Wildhan Wahyu Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp