Asia University dan UNAIR Gelar Online Course Bersama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Asia University dan UNAIR Gelar Online Course Bersama
Asia University Taiwan mengajak mahasiswa D3 Sistem Informasi UNAIR untuk belajar budaya dan teknologi Taiwan di Summer Online Course

UNAIR NEWS – Asia University Taiwan mengajak 12 mahasiswa D3 Sistem Informasi UNAIR guna berpartisipasi dalam program online course sebagai bentuk pelaksanaan ‘Student Outbound in Asia University Taiwan’ secara virtual. Program tersebut berlangsung antara 28 Juli hingga 27 Agustus 2021 dengan berbagai macam materi dan kegiatan yang menarik. Tujuan dari program itu adalah membantu mahasiswa untuk dapat lebih inovatif, kreatif, dan memiliki keputusan yang fleksibel secara lebih kritis dan krusial.

Program Online Course kali ini sangat menarik karena terdapat cukup banyak pembahasan mengenai berbagai hal terkait pengoperasian maupun pengembangan software di bidang desain dan kecerdasan buatan. Beberapa contoh program (course) yang diberikan yakni Artificial Intelligence (AI), Web Design, Innovation and Decision, Creative and Cultural Industry, Artificial Intelligence Application in Management, dan program lainnya seperti Language and Culture. Selain itu, Asia University Taiwan juga mengenalkan budaya terkait ekonomi maupun bahasa yang diterapkan di sana.

Innovation and Decision

Course ini menghadirkan pembelajaran mengenai konsep berpikir untuk dunia organisasi dan bisnis dalam pengambilan keputusan. Berlangsung mulai 28 Juni hingga 21 Juli 2021, Prof. Chang Jun Ping sebagai salah satu pengajar secara resmi membukanya dengan mengenalkan kebudayaan Taiwan berupa tempat wisata, warisan budaya, hingga kepercayaan yang ada di Taiwan. 

Selain mendapatkan pembelajaran mengenai konsep berpikir, pengajar lainnya juga memberikan ilmu terkait fintech, teknologi, pengolahan data dan programming. Akhir program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan final project berupa analisis dan review terkait semua materi yang telah mereka dapat.

Creative and Cultural Industry

Tujuan akhir dari course ini adalah mahasiswa dapat mengembangkan skill kreatif di bidang desain. Pembelajaran desain kreatif tersebut berkonsep dengan kebudayaan sebagai sumber inspirasi. Kemudian dengan hasil desain kreatif tersebut, mereka akan mulai menerapkannya pada industri. 

Beberapa topik yang menjadi bahasan selama course ini berlangsung yakni Design Engineering, Design Interior, Design Drawing, Design Fashion, Creative and Cultural Cities, Animation Storyboard. Semua topik tersebut diberikan selama sepuluh hari pada tanggal 5 hingga 15 Juli 2021 dengan durasi 6 jam sehari. Sebagai Final Project Presentation, mahasiswa melakukan proyek industri budaya dan kreatif secara mandiri atau kelompok seputar budaya dari kampung halaman masing-masing.

Web Design

Course ini berlangsung antara 2 hingga 20 Agustus 2021 dengan pembukaan oleh Prof. Edgar Lin dari Asia University Taiwan. Selama berlangsung, Prof. Lin, sapaan akrabnya, memberikan materi pembuatan website mulai dari dasar html sampai dengan javascript. Selain materi secara langsung, peserta juga mendapat buku modul dan video pembelajaran terkait hal yang dipelajari. 

Program Course ini membutuhkan aplikasi sebagai komunikasi yang lancar, maka dari itu Prof. Lin menggunakan ‘tronclass’ sebagai tempat diskusi. Selain menggunakan aplikasi tronclass, mereka juga membuat facebook private group sebagai sarana tambahan. Kemudian sebagai output-nya, mahasiswa membuat website secara individu dan mengirimkannya ke server milik Prof. Lin.

 Peserta Online Course dikumpulkan dalam sebuah grup chat sebagai sarana komunikasi dan diskusi

Artificial Intelligence Application in Management

Course satu ini melatih mahasiswa untuk menerapkan Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari terutama pada bidang manajemen dan finance. Berlangsung mulai 2 hingga 27 Agustus 2021, Mr. Chang, sebagai pengajar juga mengenalkan kebudayaan Taiwan terlebih dahulu. 

Mr. Chang dan timnya memberikan materi terkait teknik pemrograman seperti Python pada artificial intelligence, penerapan artificial intelligence pada finance technology, mining data di AI sistem informasi akuntansi, dan big data. Selain itu, mereka juga memberikan beberapa soft skills seperti leadership and cross communication in management, social media analysis, digital economy analytics serta investment decision analytics. Sebagai project akhir, mahasiswa membuat dan mempresentasikan tulisan (paper) terkait budaya kota tempat tinggal mereka masing-masing.

Penulis: Muhammad Ichwan Firmansyah

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp