Mahasiswa UNAIR Temukan Inovasi SANTET Saat Pandemi Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 menuntut untuk selalu menjaga kebersihan agar mengurangi tertularnya  virus,  tentunya setelah taat prokes. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Namun ada kalanya saat berada di suatu tempat yang tidak terjangkau air, dibutuhkan hand sanitizer sebagai pengganti.

Biasanya hand sanitizer dikemas dalam botol dan terkadang memakan tempat. Menanggapi keresahan tersebut, tiga mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga membuat inovasi hand sanitizer dalam bentuk sachet atau mereka menyebutnya SANTET. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Elvira Therxlora, Offa NidyaSari, dan Anis Veranika.

Menurut Elvira, banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kebersihan diri karena belum terbiasa dengan membawa serta menggunakan hand sanitizer, apalagi dalam bentuk kemasan besar. 

“Untuk itu kami berinovasi dengan membuat hand sanitizer praktis, tidak membuat kantong kering, dan tetap dapat digunakan untuk menjaga kebersihan diri,” ujarnya.

Inovasi Hand Sanitizer Sachet merupakan produk di bidang kesehatan yang melalui proses pengemasan kembali dengan tujuan agar dapat digunakan dan dibawa dengan fleksibel. Dalam satu box terdapat 20 sachet, dengan berat isi 3ml. Satu kemasan dapat digunakan untuk 2-3 kali pemakaian dan dikemas dengan kemasan yang ramah lingkungan. Untuk harga sendiri dibandrol dengan Rp 15.000 saja.

Elvira mengatakan untuk tidak khawatir dengan higienitas produk hand sanitizer sachet ini karena saat pengemasan menggunakan alat dan bahan yang steril. “Kami juga tetap menggunakan peralatan sesuai dengan protokol kesehatan seperti halnya face shield, hand glove, dan peralatan untuk repackaging kami steril-kan terlebih dahulu,” ungkapnya. 

Untuk kandungan dari hand sanitizer sachet ini Elvira dan tim masih menggunakan produk lain. Namun kedepan, ia dan tim  ingin mengembangkan hand sanitizer dengan bahan yang diracik sendiri. “Sementara ini kita pakai produk lain karena tentunya cukup sulit untuk pembuatan hand sanitizer sendiri dengan pengajuan BPOM, apalagi di masa pandemi seperti ini,” papar mahasiswa Manajemen Perhotelan tersebut. 

SANTET merupakan inovasi baru dalam penggunaan hand sanitizer yang lebih ekonomis, simpel, dan inovatif. Dengan adanya SANTET dapat mempermudah dalam pengaplikasian hand sanitizer pada masyarakat. Selain itu dapat menjadi terobosan baru dan bermanfaat bagi banyak kalangan selama masa pandemi Covid-19. (*)

Penulis: Tata Ferliana W.

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp