Mahasiswa Fasilitasi Konsultasi Bisnis dan Pelatihan Komputer di Kampung Astra Keputih

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA sesi konsultasi bisnis bersama warga Kampung Astra. (Foto: Istimewa)
SUASANA sesi konsultasi bisnis bersama warga Kampung Astra. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Penguasaan ilmu pengembangan bisnis dan teknologi menjadi sebuah privilege tertentu. Ketidakmampuan secara finansial menjadi penyebab kurangnya sumber daya manusia terhadap penguasaan teknologi. Kelompok KKN 220 BBM ke-64 Universitas Airlangga menghadirkan sebuah program Curhat Bisnis dan Program Pelatihan Komputer (PPK) di Kampung Berseri Astra, Keputih Tegal Timur Baru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Sabtu (31/7/2021).

Dihubungi UNAIR NEWS, Mey Purnama Sari sebagai Penanggung Jawab proker Curhat Bisnis bercerita proker itu menganalisis dan mengetahui permasalahan bisnis masyarakat Kampung Astra. Layaknya konsultasi bisnis, proker tersebut menjadi salah satu upaya membangkitkan bisnis di Kampung Astra.

“Banyak ibu rumah tangga yang bercerita soal keluh kesahnya menjalani bisnis di masa pandemi. Mereka kesulitan meramaikan bisnis di Grab Food, cara pengurusan surat izin sertifikasi UMKM secara online”, ujar mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Masyarakat Bisnis (FEB) itu.

SESI pelatihan komputer untuk anak-anak di Kampung Astra Keputih. (Foto: UNAIR NEWS)

Melalui permasalahan tersebut, tim akan memberikan solusi bisnis melalui proker Problem Solving business yang diadakan secara online. Selepas konsultasi bisnis, dilanjutkan dengan pelatihan komputer yang diikuti anak-anak Kampung Astra. Pelatihan komputer menggunakkan lima laptop mahasiswa untuk lima kelompok yang terdiri atas 2-3 anak dengan bimbingan mahasiswa.

Tim KKN memberikan pelatihan terkait pengoperasian Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Misalnya, terkait fungsi masing-masing aplikasi, cara membuat tulisan besar, garis bawah, tulisan miring. Kemudian, di excel terkait dengan cara mengoperasikan perhitungan, lalu materi PPT untuk anak-anak yang mayoritas kelas V SD. Bagaimana membuat slide presentasi, mengganti tema, cara memasukkan konten dan memasukkan gambar ke slide.

“Anak-anak Kampung Astra masih asing sama aplikasi Microsoft, masih banyak yang gak tahu cara mengoperasikannya. Akan tetapi mereka (anak-anak,red) tetap semangat untuk belajar,” kata Mey.

Pelaksanaan proker tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan adanya pelatihan dan konsultasi, Tim KKN Kampung Astra berharap bisa membawa manfaat di masa depannya. (*)

Penulis: Dimar Herfano

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp