Peran Genetik pada Penyakit Autoimun SLE

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ILUSTRASI penyakit lupus. (Foto: halodoc.com)
ILUSTRASI penyakit lupus. (Foto: halodoc.com)

Kesimpulannya, hasil penelitian antara genom dan SLE melibatkan beberapa kromosom. Keterlibatan lokus kerentanan SLE pada kromosom 4p16-15,2 dan kromosom 20. Hasil ini mencapai tingkat signifikansi asosiasi SLE hingga saat ini. Hasil penelitian mendukung hubungan epistatik antara lokus suseptibilitas dan lokus suseptibilitas potensial pada kromosom. Kami berharap penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menguatkan bukti ini. Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mendukung aplikasi lain dan teknik baru untuk mengidentifikasi terapi gen sebagai pengobatan untuk pasien SLE.

Lupus eritematosus sistemik (SLE) adalah kelainan autoimun kronis yang ditandai dengan perkembangan autoantibodi dan kompleks imun yang berhubungan dengan berbagai manifestasi klinis dan kerusakan jaringan. SLE adalah produksi antibodi reaktif terhadap sel-sel tubuh sendiri. 

SLE bersifat multifaktorial dan kemungkinan besar melibatkan interaksi kompleks antara faktor genetik, lingkungan, dan hormonal. Beberapa spesimen autoantibodi yang berkontribusi terhadap penyakit baik dengan mengikat langsung ke antigen sendiri atau dengan induksi peradangan setelah pengendapan jaringan kompleks imun antibodi antigen.

Komponen imunologi yang mengalami perubahan fungsi berperan dalam patogenesis SLE yang mengakibatkan autoantibodi patogen, regulasi limfosit T dan B yang kurang, dan kompleks imun yang tidak sempurna. Autoantibody adalah suatu kondisi dimana antibodi menyerang dirinya sendiri. Autoantibodi yang ditemukan pada lupus diarahkan ke partikel nukleoprotein intraseluler, dengan 98% pasien datang dengan antibodi antinuklear, sementara antibodi DNA anti-untai ganda ditemukan pada 50-80% pasien.

Konsep hubungan genom dan SLE penting untuk dibahas karena memiliki berbagai manfaat. Yang pertama adalah memprediksi pasien berisiko tinggi yang membawa satu atau lebih faktor kerentanan genetik di antara populasi umum atau dalam keluarga. Kedua, dapat mengidentifikasi individu dengan latar belakang genetik berisiko tinggi yang dapat mencegah atau menunda perkembangan penyakit, sehingga dapat dilakukan konseling genetik anggota keluarga berisiko tinggi dan pengendalian faktor lingkungan.

Selain meningkatkan pemahaman kita tentang patogenesis penyakit dengan lebih baik, karena manifestasi klinis, respons pengobatan, dan prognosis mungkin heterogen, penelitian genetik dapat membantu mengurangi prevalensi dan pengaturan klinis pasien rawat jalan secara lebih tepat dan dapat memberikan pengobatan alternatif. Artikel ini bertujuan untuk meninjau peran genetik dalam penyakit autoimun, terutama lupus eritematosus sistemik.

Diskusi

SLE akibat autoantibodi juga dikaitkan karena dipengaruhi oleh variasi genom oleh beberapa komponen. Hubungan yang direplikasi dengan SLE telah diselidiki di 1q23-q25, 1q41-q42, 2q35-q37, 4p16-p15, 4q31-q33, 6p21.3, 6p22-p11, 7p22, 16p12-q13, 19q13, 20p13-p12 dan 20q12. Hubungan dengan SLE juga telah ditunjukkan pada HLA9, FCGR3A10, FCGR2A11, PDCD1, IRF5 dan PTPN22. Teknologi asosiasi genom-wide (GWA) yang ada memungkinkan pencarian genom di seluruh genom untuk varian predisposisi penyakit. Metode ini memungkinkan eksploitasi tidak hanya pada hubungan yang identik dengan keturunan tetapi juga informasi dari keluarga yang terkena dampak – saudara kandung dan kerabat lainnya. Metode ini juga mengecualikan analisis batas identifikasi dari hubungan yang sering tidak terkait. Metode analisis ini juga menghasilkan identifikasi dan konfirmasi keterkaitan dalam silsilah independen. Bentuk lupus monogenik yang langka juga terjadi dengan mutasi pada TREX1, yang mengkode DNA eksonuklease 16, atau dengan defisiensi lengkap komponen pelengkap C1q, C2 atau C4. Sebuah studi baru-baru ini melaporkan hubungan antara SLE dan varian di STAT48.

HLA pada 6p21.3 telah terbukti terlibat dalam pensinyalan sel B dan sel T. HLA DR2 dalam beberapa penelitian telah terbukti berhubungan dengan onset dini SLE. HLA DR3 juga dikaitkan dengan serangan onset dan dermatitis (nefritis berkurang). Gen MECP2 yang terlibat dalam metilasi DNA menunjukkan bahwa gangguan metilasi DNA sel T CD4, yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan, berkontribusi pada patogenesis SLE dengan mengubah ekspresi gen pada orang dengan kecenderungan genetik. Hal ini juga menunjukkan bahwa mencegah atau memperbaiki pola tersebut dapat menjadi terapi pada SLE. Namun, perubahan epigenetik yang ada untuk SLE harus lebih pasti sebelum terapi dapat dilakukan pada pasien dengan SLE8,9.

Selain HLA, komponen lain yang terkait dengan SLE adalah ITGAM di 16p11.2. ITGAM (juga disebut CD11b) bergabung dengan rantai b2 (ITGB2) untuk membentuk integrin leukosit (biasa disebut sebagai MAC-1 atau komplemen reseptor 3 (CR3)) yang penting pada neutrofil dan monosit untuk merangsang endotel. ITGAM juga merupakan reseptor untuk komponen pelengkap produk degradasi C3, iC3b19. Studi lain juga menemukan hubungan antara SLE dan ITGAM20 dengan mempelajari gen dalam interval keterkaitan 16p12-q1310.

Studi sebelumnya juga telah menetapkan hubungan antara SLE dan IRF5 dan TNPO3 di 7q32. IRF5 dan TNPO3 dalam penelitian ini juga dipicu oleh haplotipe rs752637 dan rs729302. Genom di rs4963128 di KIAA1542 dan 11p15.5, genom regional yang homolog dengan gen yang mengkode faktor perpanjangan sel. Gen rs4963128 adalah telomer 23 kb untuk IRF7, sebuah gen yang penting dalam produksi interferon dan memiliki rs709266 di IRF7. Keduanya menyandikan domain homologi Phox yang mengandung serine-treonine kinase yang memiliki lima varian manusia yang diketahui, tiga di antaranya diekspresikan dalam berbagai jaringan. Ketiga, rs10798269, yang terletak di luar gen yang dikenali, juga dikaitkan dengan SLE sebagai penanda dalam interval hubungan SLE 1q23-q2511,12.

Penulis: Nanda Rachmad Putra Gofur drg,.M.Biomed

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://aditum.org/journals/international-surgery-case-reports-/archive/48

Gofur NRP*, Gofur ARP, Soesilaningtyas, Gofur RNRP, Kahdina M and Putri HM. “Genetic Role in Autoimmune Disease, Systemic Lupus Erythematsous : A Review Article.”. International Journal of Surgery Case Reports and Images, 2(1); DOI: http;//doi.org/03.2021/1.1009.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp