Analisis Layanan E-learning PsyCHE dengan WebQual

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Sevima

E-learning adalah penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Konsep e-learning tidak hanya memberikan fasilitas pembelajaran mata kuliah kepada mahasiswa, tetapi juga dapat mengakses e-learning setiap saat. Tujuan dari e-learning adalah agar mahasiswa dapat lebih menguasai materi, dan dosen dapat mengunggah dan memperbarui materi dalam bentuk artikel wacana, lampiran file seperti Word, PowerPoint, Excel, PDF, bahkan video streaming yang berisikan tutorial materi. Selain itu dosen dapat memberikan bank soal, tugas, atau ujian dan dikumpulkan dalam e-learning melalui proses pengunggahan (upload) setiap saat. PsyCHE (Psychology Classroom Hybrid Education) adalah e-learning dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang dikembangkan oleh (USI) Unit Sistem Informasi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. PsyCHE mulai beroperasi pada tahun 2011 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar dari mahasiswa, dosen atau bahkan untuk karyawan serta seluruh jajaran yang ada di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Seiring telah beroperasinya PsyCHE selama delapan tahun, menjaga konsistensi pelayanan yang berkualitas merupakan hal penting yang harus dilakukan. PsyCHE perlu mendapat perhatian demi menjaga konsistensi kualitasnya, sehingga kualitas organisasi dari aspek penilaian web menjadi lebih baik.

Dalam WebQual 4.0 terdapat tiga dimensi yang mewakili kualitas suatu website yaitu usability, information quality, service interaction quality. WebQual 4.0 digunakan karena merupakan pengembangan dari WebQual 1.0 sampai dengan WebQual 3.0 dan juga disesuaikan serta dikembangkan dengan ServQual. Kemudian, Overall impression ditambahkan untuk memastikan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Importance- Performance Analysis (IPA) adalah teknik untuk mengidentifikasi atribut-atribut pengukuran kualitas dari produk atau layanan yang paling membutuhkan perbaikan atau untuk kemungkinan kondisi menghemat biaya tanpa merugikan yang signifikan terhadap kualitas keseluruhan. Dengan metode IPA hasil evaluasi menggunakan WebQual 4.0 dipetakan ke dalam empat kuadran diagram Kartesius berdasarkan tingkat performance dan importance dari tiap atribut. Dari keempat kuadran tersebut akan dapat diketahui indikator mana saja sesuai dengan keinginan pengguna dan mana saja yang membutuhkan perbaikan. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website e-learning berdasarkan kualitas dan tingkat signifikansi persepsi pengguna. Studi tersebut juga meneliti tantangan dan solusi untuk implementasi platform e-learning. Subjek penelitian ini adalah aplikasi e-learning PsyCHE dan 305 siswa yang menggunakan e-learning selama lebih dari enam bulan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan dimensi WebQual 4.0. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui kepuasan mahasiswa yang merupakan gap antara kepentingan dan kinerja. Analisis IPA menunjukkan bahwa semua gap pada atribut webqual adalah negatif; ini menggambarkan bahwa kinerja situs PsyCHE tidak dapat memenuhi harapan penggunanya. Kuadran IPA menyediakan enam indikator pada kuadran 1, 7 indikator pada kuadran II, empat indikator pada kuadran III, dan lima indikator pada kuadran IV. Uji Wilcoxon digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara ekspektasi dan persepsi responden; Dalam penelitian ini, uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan antara keduanya. Studi ini merekomendasikan agar Fakultas mengambil tindakan segera untuk meningkatkan kinerja e-learning dan memperbarui rencana strategis mereka dengan memprioritaskan atribut dengan kesenjangan paling signifikan dalam kepuasan pengguna.(*)

Penulis : Faried Effendy

Referensi :Effendy, F., Purwanti, E., & Akbar, R. F. (2021, February). Evaluation of E-learning: A case study of PsyCHE. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2329, No. 1, p. 050018). AIP Publishing LLC.

https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85102496568&origin=resultslist

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp