Mahasiswa Vokasi UNAIR Terpilih Jadi Ketua FKMI 2021

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Endik Ridho Nurcahyo, mahasiswa Prodi D-3 Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) terpilih sebagai sebagai Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Instrumentasi (FKMI) periode 2021. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Endik Ridho Nurcahyo, mahasiswa Prodi D-3 Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) terpilih sebagai sebagai Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Instrumentasi (FKMI) periode 2021. Pemilihan tersebut berlangsung pada Sabtu (25/03/2021). Terpilih sebagai ketua FKMI menjadikan Endik sebagai nahkoda forum mahasiswa program studi instrumentasi di seluruh Indonesia.

“Mungkin ke depannya aku bakal nyebar ke seluruh Indonesia, sih. Ya, mungkin itu menjadi tujuan utamaku. Karena ini belum semua gabung (perguruan tinggi yang memiliki program studi Instrumentasi, Red),” tutur Endik pada Selasa (6/4/2021).

Dalam periode kepengurusannya, Endik menyatakan akan melakukan reorganisasi dalam tubuh FKMI. “Semua aku perbarui dari awal yang mungkin harus diperbaiki,” tuturnya.

Mahasiswa semester empat itu menuturkan bahwa akhir-akhir ini, studi instrumentasi mulai terangkat kembali pamornya di tengah masyarakat. Oleh karenanya, program yang akan ia bawa untuk kepengurusan satu tahun ke depan lebih berfokus pada pengembangan kemampuan para mahasiswa instrumentasi.

Kegiatan pemungutan suara untuk memilih Ketua FKMI Periode 2021 pada Sabtu (27/3/2021) yang berlangsung secara daring. (Dok. Pribadi)

Selain itu, pada kepengurusan tahun ini, Endik akan lebih menggiatkan kegiatan di FKMI, seperti webinar, pelatihan, dan sharing antar mahasiswa instrumentasi di Indonesia. “Biar bisa memberi kemanfaatan lebih banyak,” tutur mahasiswa angkatan 2019.

Sebagai informasi, FKMI dibentuk pada tahun 2018 dengan tujuan mewadahi para mahasiswa program studi instrumentasi di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Saat ini, terdapat tujuh anggota FKMI meliputi UNAIR, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STIN-BATAN), serta Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas).

Instrumentasi sendiri adalah ilmu yang mempelajari mengenai alat-alat dan piranti yang digunakan untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan kompleks. Di UNAIR, program studi ini berada di bawah Fakultas Vokasi. Prodi yang berdiri pada tahun 2002 ini merupakan pecahan dari program studi Fisika. (*)

Penulis: Agnes Ikandani

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp