Bekali Wawasan Mahasiswa, HMA UNAIR Banyuwangi Gelar Webinar Career Snapshot

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Zoom kegiatan Webinar Career Snapshot HiMA UNAIR Banyuwangi. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi mengadakan Webinar Career Snapshot yang bertajuk “Starting Career to Become an Auditor as Bachelor of Accounting” pada Sabtu (03/04/2021). Pada webinar tersebut, Satwiko Oetomo Adji Basoeki, S. Ak., selaku Assurance Associate di PwC Indonesia hadir sebagai pemateri utama.

Webinar tersebut berisi pembahasan mengenai karir dibidang Profesi Auditor khususnya dibagian eksternal. Satwiko menjelaskan bahwa Eksternal Auditor merupakan sebuah profesi yang di dalamnya terdapat aktivitas memeriksa catatan Accounting Klien dan menyatakan tentang sebuah laporan keuangan disajikan secara wajar sesuai dengan standar akuntansi entitas yang berlaku.

Satwiko, dalam kesempatan yang sama juga membahas terkait waktu yang tepat bagi seorang sarjana menjadi auditor eksternal. Dalam penjelasannya, ia menegaskan bahwa sejak menjadi fresh graduate atau diawal kelulusan seorang sarjana akuntansi sudah bisa meniti karir dibidang tersebut, dengan diawali magang menjadi seorang auditor ringan saat masih memiliki peran sebagai mahasiswa.

“Belajar dengan diselingi diskusi dan ketekunan dalam pencarian informasi serta terampil dalam bidang audit dapat mengantarkan seseorang memiliki karir dibidang Audit Eksternal seperti yang diinginkan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Satwiko juga mengatakan bahwa terdapat beberapa teknik dan tips yang dapat berguna bagi mahasiswa jurusan akuntansi sebagai calon sarjana yang nantinya akan terjun di dunia pekerjaan. Beberapa hal itu, sambungnya, mulai dengan memperbanyak relasi melalui keikutsertaan dalam organisasi, serta memiliki keinginan & usaha untuk mencari berbagai informasi serta yang paling penting yaitu menekuni passion yang dimiliki sejak dini.

“Tantangan sebelum dan sesudah saat seseorang memiliki karir yaitu passion. Apabila seorang pekerja tidak memiliki hal tersebut, maka akan sulit untuk beradaptasi dan mencintai pekerjaannya. Begitu pula dengan menjadi seorang Auditor Eksternal,” ujarnya.

Sementara itu, Faridatul Mustopia selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa webinar itu memiliki tujuan untuk memberikan wawasan kepada seluruh mahasiswa. Khususnya mahasiswa prodi akuntansi untuk mengetahui cara merintis karir sejak dini dan memperkenalkan dunia kerja seputar auditor yang nantinya dapat menjadi pembelajaran yang berguna bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja.

Kepada UNAIR NEWS Farida menambahkan, webinar yang berlangsung hikmat tersebut merupakan salah satu progam kerja Career Development HMA UNAIR Banyuwangi yang dihadiri kurang lebih 130 peserta. Selain itu, sambungnya, acara tersebut diharapkan mampu memberikan pengetahuan seluruh mahasiswa, khususnya kepada mahasiswa baru angkatan 2020 yang saat ini tengah menempuh semester 2.

“Dari kegiatan itu, kita bisa memperkenalkan audit sejak dini dan bisa memberikan pengetahuan seputar audit kepada mahasiswa yang masih belum mendapatkan mata kuliah tersebut. Karena bisa diketahui bahwa mata kuliah audit hanya ada di semester tua,” pungkas mahasiswa yang kerap disapa Rida tersebut.

Penulis: Azka Fauzia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu