Tips Jalani Seleksi Online dari Tim HR BCA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Laura Anindy ketika mempresentasikan materinya di AOCF ke-33. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Airlangga Onlice Career Fair (AOCF) ke-33 pertama kali dibuka pada Selasa (16/3/2021) lalu melalui webinar bertajuk online recruitment hacks. Webinar tersebut mendatangkan Laura Andiny, salah satu human resources (HR) BCA.

Setidaknya, terdapat empat tips dari Laura dalam menjalani seleksi online. Yaitu terkait terkait CV, online assessment, interview, dan medical check up.

2 Minutes CV Screening

Pada pembuatan CV terdapat beberapa informasi yang harus ada. Untuk BCA sendiri, informasi yang harus tertera pada CV antara lain adalah informasi pribadi, pendidikan, dan pengalaman yang relevan. Informasi pribadi setidaknya ada tempat dan tanggal lahir, alamat, alamat email, nomor telepon, status perkawinan, dan foto terbaru. Pastikan bahwa foto adalah foto individu yang rapi, professional, dan terbaru

“Biasanya rekruiter akan menghubungi pelamar melalui nomor telepon dan e-mail sehingga lebih baik untuk tidak mengganti email dan nomor telepon,” ucap Laura.

Selain itu, biasakan juga untuk rutin melihat e-mail, tidak hanya di kotak masuk namun juga spam dan trash. Hal tersebut agar pelamar tidak melewatkan undangan interview yang dikirimkan melalui e-mail. Perusahaan yang menggunakan email corporate, e-mail berpotensi akan masuk spam.

Kemudian, untuk informasi pendidikan biasanya yang dibutuhkan adalah informasi pendidikan dari SMA dan kuliah. Ketika mencantumkan informasi pendidikan, penting untuk melampirkan jurusan dan IPK.

“IPK adalah pintu gerbang utama masuk ke dalam sistem perusahaan, karenanya selain aktif berorganisasi juga penting memperhatikan IPK,” lanjutnya.

Pada informasi terkait pengalaman, pastikan untuk mencantumkan pengalaman yang benar-benar relevan dengan posisi yang dilamar. Apabila pengalaman organisasi, lomba, dan kursus kurang dikenal publik maka perlu dicantumkan deskripsi singkat.

Online Assessment

Setelah lolos skrining sistem, maka biasanya perusahaan akan mengirimkan undangan untuk tes online. Pastikan pelamar membaca instruksi pada e-mail tersebut. Apabila terdapat link untuk latihan, maka sebaiknya pelamar melakukan latihan untuk membiasakan diri. “Banyak latihan agar terbiasa, dan jadi diri sendiri ketika menjawab,” terang Laura.

Saat mengerjakan soal, Laura menyarankan agar peserta tidak berpikir terlalu lama karena nanti jatuhnya mereka akan menjawab gambaran diri yang diinginkan, bukan diri mereka sendiri. Serta tidak perlu menebak-nebak arah pertanyaan dan jawaban.

Online Interview

Banyak lakukan latihan wawancara. Latihan bisa dilakukan sendiri atau bersama dengan orang lain. Tujuannya adalah agar lebih relaks ketika berhadapan dengan interviewer.

Saat wawancara, penting untuk memperhatikan penampilan. Gunakan baju yang sesuai dan full atasan dan bawahan untuk menghindari rasa malu ketika terjadi kesalahan saat wawancara berjalan, seperti celana pendek yang terlihat oleh interviewer. “Perhatikan body language, perhatikan intonasi, dan eye contact,” ucap Laura.

Saat menjawab pertanyaan, jawab dengan metode STAR yaitu situation, task, action, dan result. Pelamar juga perlu menjadi diri sendiri dalam menjalani proses karena HR melihat budaya dan potensi calon pelamar apakah akan sesuai dengan perusahaan dan dapat ditingkatkan. Selain HR, user juga akan melakukan interview pada bidang yang lebih teknis seperti kemampuan pelamar yang dibutuhkan untuk menjadi tim mereka.

Medical Check Up

Tidak semua perusahaan melakukan tes medical check up. Namun, karena BCA memperhatikan jangka waktu lama kandidat dapat bekerja di perusahaan, maka medical check up menjadi hal yang penting. Tips dari Laura untuk lolos medical check up antara lain adalah terbiasa meminum air mineral, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan olah raga rutih. Kebiasaan tersebut perlu dilakukan sedini mungkin.

“HR sebenarnya mencari seseorang yang paling tepat untuk perusahaan, bukan paling pintar atau paling terkenal, jangan putus asa dan tampilkan sisi terbaik teman-teman,” pungkasnya. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp