Ikut Akselerasi, Hasna Jadi Maba UNAIR Termuda Jalur SNMPTN 2021

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Tribunnews.com

UNAIR NEWS – Ainiyah Hasna Fadhilah dinobatkan menjadi salah satu mahasiswa termuda jalur SNMPTN 2021 Universitas Airlangga (UNAIR) di usia 15 tahun 4 bulan. Mahasiswa baru yang akrab disapa Hasna itu diterima di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR.

Saat diwawancarai UNAIR NEWS pada Senin (29/3/2021), Hasna merasa senang dan bersyukur bisa mendapatkan prestasi tersebut karena bisa membanggakan kedua orang tua. Mahasiswa asal Madiun itu hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk menempuh pendidikan SD hingga MA.

“Saya masuk jenjang SD umur 6 kurang. Kemudian saat di MTsN ikut program akselerasi PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa) 2 tahun. Dan Alhamdulillah di MAN juga ikut progam akselerasi SKS (Sistem Kredit Semester) 2 tahun,” jelasnya.

Selama di MAN, Hasna aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di English Club. Selebihnya hanya fokus untuk lebih memaksimalkan pencapaian materi. Hasna mengaku lebih memfokuskan diri dalam menaikkan grafik nilai di raport yang ditempuh dalam waktu 2 tahun akselerasi.

Saat menjelang pengumuman kuota SNMPTN di sekolah, Hasna sangat bersyukur masuk ke dalam kuota tersebut. Hasna kemudian langsung melakukan konsultasi ke guru Bimbingan Konseling (BK), guru les, orang tua, dan kakak alumni yang diterima di PTN jalur SNMPTN.

“Setelah mendapatkan cukup informasi, saya mulai memantapkan keinginan dan bakat minat saya,” tambahnya.

Awalnya, Hasna berencana untuk mendaftar di prodi teknik karena ingin mengikuti jejak sang ayah di prodi Teknik Listrik. Namun saat H-1, Hasna lebih memantapkan diri dan akhirnya memilih prodi Kesehatan Masyarakat yang ditekuni oleh mamanya dulu.

“Alhamdulillah pada saat pengumuman dengan izin Allah saya lolos pilihan 1 di FKM UNAIR,” jelasnya.

Selama ini, lingkungan keluarga dan sekolah Hasna sangat mendukung dalam keberhasilannya menggapai prestasi. Keluarganya mendukung dengan memberikan motivasi, inspirasi, dan doa yang kuat dari kedua orang tua. Guru-guru madrasah yang mengajar pun sangat memfasilitasi akses kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi maksimal.

“Orang tua saya memberi motivasi dan dukungan saya untuk menuntaskan apa yang sudah saya pilih. Dan yang terpenting, orang tua banyak membantu saya dalam hal doa-doa baik untuk keberhasilan saya,” imbuhnya.

Hasna berpesan kepada seluruh siswa dan mahasiswa untuk terus konsisten dengan apa yang sudah ditargetkan diawal. Buatlah rencana-rencana kegiatan serta atur waktu dengan baik antara sekolah dan refreshing.

Universitas Airlangga sebagai universitas terbaik di Indonesia berkomitmen untuk mencetak generasi unggul dan berwawasan global(*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp