Usung Ide Zakat Produktif, Mahasiswa UNAIR Juara 3 Esai Nasional AIRPOL 5.0

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Syifa Philai Shophia, Dzikri Nurrohman, dan Widiyanti Ayu Nilasari (dari atas ke bawah) saat mengikuti lomba esai nasional AIRPOL 5.0. (Sumber: Dokumen Pribadi)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia kembali mencetak prestasi di kancah nasional. Kali ini, Tim Go Ahead yang terdiri dari Dzikri Nurrohman, Widiyanti Ayu Nilasari, dan Syifa Philai Shophia menorehkan prestasi sebagai Juara 3 Lomba Esai Nasional Airpol 5.0.

Diwawancarai pada Senin (22/3/2021), Dzikri Nurrohman selaku ketua tim menuturkan bahwa Airpol 5.0 adalah lomba esai yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga (UNAIR).
Menurutnya, motivasi terbesar mereka adalah membumikan dan mendakwahkan ekonomi islam.

“Ekonomi Islam bisa menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi berbagai permasalahan ekonomi di seluruh dunia. Ekonomi islam akan mampu memberikan dampak baik bagi kehidupan secara riil. Kami harap dengan ini, kami mampu mengenalkan ekonomi islam kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu bercerita pada saat melakukan brain storming bersama, mereka menemukan topik yang menarik untuk dibahas. Lalu mereka membahas lebih lanjut mengenai konsep esai tersebut.

Tim Go Ahead membangun kerja sama dengan cara melakukan komunikasi yang baik serta menentukan timeline, target dan sasaran. Mereka juga mengevaluasi setiap poin pembahasan yang dibuat. Jika ada kesalahan langsung dapat didiskusikan dan diselesaikan hingga menghasilkan karya terbaik.

Pada ajang lomba AIRPOL 5.0, mereka berinisiatif menciptakan program untuk mengoptimalisasikan peran zakat dalam bentuk zakat produktif. Konsep dari zakat produktif adalah memberikan bantuan pembiayaan usaha kecil dan menengah (UMKM) serta melakukan pelatihan home industry.

“Sehingga hal tersebut sejalan dengan tujuan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Kemudian pemerintah dapat bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) melalui program SINDIKAT : Sinergi Pemerintah dan Lembaga Zakat dalam Menjamin Kesejahteraan Masyarakat. Program tersebut merupakan sebuah program kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah dan Lembaga Zakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Adapun sasaran utama dalam program tersebut adalah UMKM terdampak pandemi yang memiliki potensi untuk berkembang namun terkendala oleh permodalan. Melalui program SINDIKAT, diharapkan UMKM dapat terbantu permodalannya sehingga mampu meningkatkan penjualan dan pendapatanya.

“UMKM juga diharapkan mampu turut andil dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara di tengah pandemi COVID-19,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu