Pakan Organik untuk Hewan RSHP dan Praktikum UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KUCING di RSHP langsung lahap memakan pakan hibah dari PT. Nutricell untuk RSHP UNAIR. (Foto: Dimar Herfano)
KUCING di RSHP langsung lahap memakan pakan hibah dari PT. Nutricell untuk RSHP UNAIR. (Foto: Dimar Herfano)

UNAIR NEWS – Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PBPDHI) bersama dengan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga (RSHP UNAIR) menjalin kerja sama dengan PT. Nutricell, perusahaan lokal pakan Premiks ketiga terbesar di Indonesia. Bertempat di Ruang Sidang lantai 4 RSHP Direktur RSHP UNAIR Dr. Ira Sari Yudaniayanti, drh., MP mengatakan pentingnya kerjasama tersebut menjadi langkah awal PT. Nutricell untuk mendukung program Fakultas Kedokteran Hewan (FKH UNAIR) dan RSHP.

Perihal kerja sama tersebut, Dr. Ira mengungkapkan pihak PT. Nutricell nantinya akan rutin memasok stok pakan RSHP setiap bulan, terkait jumlah pakannya akan ada kesepakatan lebih lanjut lagi. Dalam seremonial yang dihadiri 50 peserta diikuti prokes, PT. Nutricell mendonasikan 50 box produk pakan untuk hewan Anjing dan Kucing, satu box berisi 24 kaleng produk pakan Kucingku dari bahan ikan laut, Vitacell dan makanan anjing Vet Special.

“Terkadang Rumah sakit hewan kesulitan dalam mendapatkan pakan. Melalui kerja sama ini, diharapkan produk pakan Nutricell bisa dijadikan standar pakan di RSHP. Kecuali untuk hewan-hewan yang membutuhkan pakan khusus,” Ungkap Dr. Ira pada Selasa (23/03/2021).

Tak hanya digunakan untuk makanan pasien, nantinya, lanjut Dr. Ira, pakan hibahan tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan hewan praktikum (khususnya kucing dan anjing), dan membuat standar pakan pasien hewan opname.

“Semoga kerja sama ini dapat memperlebar dan mendekati di bidang penelitian pakan, karena penelitian pakan merupakan fokus dari FKH,” Tutur Dr. Ira.

Wakil Direktur I Bidang Pendidikan dan Pelayanan Medis Dr. Nusdianto Triatkoso, drh, M.P mengatakan letak RSHP yang strategis menjadi dasar kolaborasi rujukan dari PBPDHI tersebut terwujud. Pakan Nutricell yang terbuat dari bahan organik (raw food); daging salmon, abalone, tuna, dan ayam daging salmon, abalone, tuna, dan ayam menjadi alasan kedua. Demi keterjaminan kualitas pakan, RSHP dan PBPDHI besok akan mengunjungi pabrik PT. Nutricell.

“Kalau keamanan, kandungannya bagus karena bahan organik tanpa campuran bahan kimia, meski banyak kelemahannya, jaminan pakan daging asli merupakan bagian proses kebutuhan alami tubuh hewan,” Tutur Dr. Nus.

Sementara itu  Ketua Departemen Klinik Veteriner Prof. Dr. Wiwik Misaco Yuniarti. Drh. M.Kes berkata “Nutrisi pakan sangat penting, karena menyangkut aktivitas dan kesehatan hewan. nutrisi yang bagus kesehatan hewan akan meningkat,” ujarnya. (*)

Penulis: Dimar Herfano

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp