Wisuda UNAIR, Rektor: Lulusan UNAIR Laksana Surya yang Akan Terus Bersinar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof Moh Nasih (kiri) bersama salah satu wisudawan pada pelaksanaan wisuda secara luring di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen UNAIR, Minggu (7/3/2021). (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Hari kedua pelaksanaan wisuda periode Maret 2021, Rektor Universitas Airlangga (UNAIR) Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA. mewisuda sebanyak 961 lulusan dari jenjang diploma (D3-D4), sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3).

Pelaksanaan wisuda periode ini dilakukan secara blended. Dimana untuk wisuda daring disiarkan secara telekonfernsi melalui aplikasi zoom dan live streaming di laman YouTube UNAIR. Sedangkan untuk wisuda luring diadakan di Aula Garuda Mukti, Kampus C UNAIR dengan pembatasan peserta yang hanya diikuti perwakilan wisudawan, rektor, wakil rektor, dekan, dan jajaran pimpinan.

Dalam sambutannya, Prof. Nasih menyampaikan tantangan bagi para wisudawan UNAIR semakin besar. Kondisi pandemi saat ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

“Proses-proses akademik harus disesuaikan dengan kondisi yang ada, dengan satu tujuan dan harapan pandemi segera berakhir. Civitas akademika UNAIR bekerja untuk menghasilkan lulusan yang unggul serta mempunyai moralitas dan akhlakul karimah,” ungkapnya pada Minggu (07/03/2021).

Di sisi lain, Prof. Nasih mengatakan employability menjadi taruhan dan harus terpengaruh oleh kondisi pandemi ini. Pertumbuhan ekonomi yang cenderung menurun mempengaruhi peluang kesempatan bekerja.

“Bila biasanya lulusan UNAIR karena relevansi dari proses pendidikan, waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan berkisar antara 3-4 bulan, namun pada kondisi saat ini, karena menyempitnya lapangan pekerjaan dan tingkat PHK yang tinggi, akan menjadi tantangan bagi lulusan UNAIR,” jelas Prof. Nasih.

Selanjutnya, Rektor UNAIR periode 2021-2025 itu juga mengingatkan para wisudawan untuk terus optimis dalam menatap kehidupan ini. Secara internasional, employer reputation UNAIR dimata pelaku ekonomi maupun sosial budaya berada pada peringkat 293 World Class University. Dimana hal itu menjadi bekal berharga untuk para lulusan.

Rektor UNAIR Prof Moh Nasih ketika memberikan sambutan pada wisuda UNAIR Periode Maret 2021, di Aula Garuda Mukti, Minggu (7/3/2021). (Foto: Agus Irwanto)

“Kami yakin, di tengah persoalan yang kita hadapi  bersama, lulusan UNAIR bukanlah perahu kertas yang dengan mudahnya terombang-ambing oleh ombak. Lulusan UNAIR saya ibaratkan sebagai matahari, yang meskipun sering difitnah, tetapi terus memunculkan dan mengirimkan cahaya dan energinya ke seluruh  penjuru dunia,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, lulusan UNAIR juga diibaratkan sebagai bulan dan bintang yang apabila gelap datang, mereka akan terus bersinar. Lulusan UNAIR akan terus berkarya dan berkontribusi untuk kehidupan umat manusia.

“Selamat dan sukses kepada para wisudawan periode Maret 2021. Tetap optimis dan percaya diri serta jadilah orang-orang yang HEBAT (Humble, Excellence, Brave, Agile dan Transcedent),” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu