Gandeng Shinshu University, FK UNAIR Bahas Isu Intracranial Aneurysm

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dokter Nur ketika menjelaskan materinya (Foto : istimewa).

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) adakan Airlangga Webinar Conference Series (AWCS) ke-61 bertajuk comprehensive management of intracranial aneurysm. Webinar tersebut diadakan pada Sabtu, (27/2/2021). 

Terdapat tiga pembicara yang diundang pada webinar tersebut. Yaitu Prof. Tetsuyoshi Horiuchi, MD., PhD, (Prof. Tetsuyoshi)  dari Shinshu University School of Medicine, dr. Abrar Arham, Sp.BS(K) (Dokter Abrar) dari National Brain Center Hospital Jakarta dan dr. Nur Setiawan Suroto, Sp.BS(K) atau Dokter Nur dari FK UNAIR. 

Dokter Nur menjelaskan mengenai manajemen endovascular dari intracranial aneurysm di Surabaya. Menurutnya, terdapat lima teknik yang digunakan dalam pengobatan endovascular intracranial aneurysm. Yaitu microcatheter shaping dan microcatheter looping; multiple microcatheter technique; balloon remodeling technique; stent assisted coiling; dan flow diversion.

“Terdapat beberapa tantangan teknis dalam coil embolization dari brain aneurysm,” ucap dokter Nur.

Tantangan tersebut adalah terjadinya tubrukan coil loops pada parent artery. Tantangan teknis lainnya adalah sisa atau bekas kantung aneurysm dan berlanjutnya komunikasi dengan parent vessel karena coil packing yang longgar. 

Dokter Nur juga menjelaskan terkait mekanisme dari penyembuhan aneurysm melalui EVT. Terdapat empat hal yang menurutnya penting dalam penyembuhan tersebut yaitu perlindungan leher aneurysm yang berkaitan dengan coiling packing; efek pengalihan aliran; pembentukan neointimal; dan pemodelan ulang sudut cabang pembuluh darah. 

“Beberapa teknik untuk memasukkan coil ke dalam sangat penting untuk pengurangi risiko komplikasi thromboembolic,” lanjutnya.

Sementara dokter Nur menjelaskan mengenai pengalamannya di Surabaya, dua pembicara lain juga berbagi mengenali ilmu dan pengalaman mereka. Prof. Tetsuyoshi menjelaskan materi mengenai operasi clipping untuk middle cerebral artery aneurysm sementara dokter Abrar menjelaskan pengalaman klinisnya terkait kapan untuk melakukan clip atau coil. Webinar tersebut dapat diakses pada akun YouTube FK UNAIR (https://youtube.com/c/AWCSLiveStreaming).

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Nuri Hermawan 

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu