Fakultas Vokasi UNAIR Siap Mendidik Mahasiswa Menjadi SDM yang Terampil dan Handal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dekan Fakultas Vokasi UNAIR Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, drh., M.Kes saat melakukan sharing session pada Gelaran Airlangga Education Expo (AEE) 2021. (Foto: SS YouTube UNAIR)

UNAIR NEWS – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV UNAIR) menyelenggarakan Info Session pada Gelaran Airlangga Education Expo (AEE) 2021 pada Jumat (19/2/2021). Pada sesi sharing informasi tersebut Dekan FV UNAIR Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, drh., M.Kes beserta jajaran Wakil Dekan dan Koordinator Departemen FV UNAIR turut menjadi narasumber utama.

Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, drh., M.Kes sebagai Dekan FV UNAIR menuturkan bahwa Fakultas Vokasi merupakan fakultas yang mendidik sumber daya manusia agar siap menjadi tenaga kerja yang terampil dan handal di bidangnya. Fakultas Vokasi UNAIR saat ini memiliki 3 departemen utama yaitu Departemen Kesehatan, Departemen Bisnis dan Departemen Teknik. 

“Fakultas Vokasi merupakan miniatur dari UNAIR karena di dalam FV ada Departemen Kesehatan, Bisnis dan Teknik. Mahasiswa FV nantinya bisa menggunakan semua sarana prasarana yang ada di seluruh UNAIR,” tuturnya.

Adapun program studi di Departemen Kesehatan total ada 9 program studi. Diantaranya adalah D3 Teknik Gigi, D3 dan D4 Pengobat Tradisional, D3 Paramedik Veteriner, D3 Teknologi Laboratorium Medis, D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D3 Keperawatan, D4 Fisioterapi dan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan.

Prof. Anwar kemudian menjelaskan mengenai Departemen Bisnis FV UNAIR yang memiliki 8 program studi. Di antaranya adalah D3 Akuntansi, D3 Bahasa Inggris, D3 Kepariwisataan/Bina Wisata, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Manajemen Perbankan, D3 Manajemen Perhotelan, D3 Administrasi Perkantoran dan D3 Perpajakan.

“Apabila calon mahasiswa Ingin menjadi ahli perkantoran, menjadi ahli di bidang akuntansi, perpajakan, perhotelan dan yang paling tren saat ini yaitu bidang pariwisata, calon mahasiswa bisa bergabung dengan Departemen Bisnis FV UNAIR,” jelasnya.

Yang terakhir, lanjut Prof. Anwar, adalah Departemen Teknik FV UNAIR. Sebagai generasi milenial, saat ini calon mahasiswa sudah sangat familiar dengan sistem informasi dan otomasi sistem instrumentasi.  Di Departemen Teknik FV UNAIR nanti, akan ada tiga program studi. Yaitu D3 Otomasi Sistem Instrumentasi, D3 Sistem Informasi dan D3 Perpustakaan.

 “Kami siap mendidik generasi milenial untuk menjadi tenaga kerja yang handal dan terampil di bidangnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Anwar memaparkan perbedaan antara Fakultas Vokasi dengan fakultas lain yang ada di UNAIR. Menurutnya program akademik dan program profesi biasanya lebih banyak belajar di teori dan ilmunya. 

“Sedangkan dalam program Vokasi, mahasiswa akan dididik menjadi seseorang yang secara langsung belajar ilmu dan langsung diterapkan dalam keterampilan dan pengaplikasian. Di Fakultas Vokasi, mahasiswa belajar 40 persen kurikulum teori dan 60 persen praktek,” imbuhnya.  

Proporsi 60 persen praktek inilah yang nantinya mahasiswa bisa praktek di Fakultas Vokasi atau juga bisa bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.  Program studi-program studi yang di FV UNAIR sudah banyak melakukan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional.

Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si selaku Wakil Dekan 1 FV UNAIR mengungkapkan bahwa saat ini Fakultas Vokasi menyediakan berbagai ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill. Ada berbagai organisasi kemahasiswaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Diantaranya adalah BEM, BLM, Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas dan Tim Pendamping Mahasiswa.

“Mahasiswa FV UNAIR sudah dididik tidak hanya di bidang akademik tetapi juga skill sehingga sangat memungkinkan untuk menjuarai berbagai macam kompetisi di level nasional hingga internasional,” tutupnya. (*)


Penulis :  Sandi Prabowo

Editor    :  Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu