Resmi Dilantik, Yassar Kobarkan Semangat Perjuangan Dakwah Kampus di UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sosok Mas’ul Yassar Rizky Putra Utomo Mas’ul UKMKI 37 (kanan) dan M. Risqi Ihya Ramdhan Wakil Mas’ul UKMKI 37 (kiri). (Foto : dokumen pribadi)

UNAIR NEWS – Yassar Rizky Putra Utomo resmi dilantik sebagai Ketua Umum atau Mas’ul Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) Universitas Airlangga 2021. Bagi Yassar, amanah merupakan sebuah hal besar yang dipenuhi dengan tanggung jawab dan konsekuensi yang panjang. Lebih-lebih saat memegang amanah sebagai ketua lembaga dakwah di kampus ternama.

Bismillah, dalam suasana haru bercampur semangat itu, Saya mencoba membangun kembali mimpi-mimpi untuk UKMKI kedepan dengan apa yang selama ini saya perjuangkan selama dua kepengurusan sebelumnya,” ungkapnya.

Mahasiswa Program Studi Antropologi 2018 itu menurutkan bahwa UKMKI UNAIR mengusung visi sebagai lembaga dakwah kampus yang menjadi rumah teduh bagi seluruh mahasiswa muslim UNAIR. Ke depannya, UKMKI UNAIR akan berusaha menghadirkan agenda yang bisa dirasakan oleh semua mahasiswa muslim UNAIR.

Yassar menjelaskan bahwa pada kepengurusan UKMKI saat ini mengusung Kabinet Superhero. Terilhami dari QS. Ali Imran ayat 110, dimana Allah berfirman bahwasanya mereka yang mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran, serta beriman kepada Allah adalah umat terbaik.

“Dari situ pula kami berusaha membangun dan menciptakan nama yang bisa membakar ghiroh (semangat) untuk para Aktivis Dakwah Kampus dalam memperjuangkan agama Islam di Universitas Airlangga,” jelasnya.

Nama superhero, lanjutnya, diasosiasikan memiliki arti kekuatan yang luar biasa, rela berkorban, ikhlas, tanggap terhadap lingkungan sekitar serta berjiwa pemberani. Di luar itu semua, sepenuhnya usaha-usaha yang dilakukan hanya ditujukan kepada Allah SWT bukan untuk mendapatkan pujian dari manusia.

“Kami mempersiapkan rencana strategis untuk 5 tahun kedepan yakni menjadikan UKMKI sebagai lembaga dakwah kampus yang berskala internasional, mengembangkan potensi-potensi kader yang prestatif, serta membangun marwah positif dalam lingkungan publik yang luas,” tambahnya.

Untuk mencapai rencana strategis itu, Yassar menyadari dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi sehingga UKMKI akan berusaha menjaga semangat dan ghiroh  tersebut. Meski dirundung pandemi, kami berusaha menempatkan program-program yang adaptif serta menarik.

“Diantaranya adalah dengan merumuskan program kerja Dauroh Kader UKMKI (Islamic Course), UKMKI Academy, Ramadhan Mubarak Airlangga serta Dakwah Digital,” tuturnya.

Pada akhir, Yassar berharap UKMKI UNAIR sebagai sebuah lembaga yang bergerak atas nama Islam, harus memiliki prinsip yang kuat. Prinsip kuat itu semuanya harus didasarkan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Dengan keimanan dan ketaqwaan tersebut, semoga UKMKI bisa menjadi wasilah untuk memberikan kemaslahatan bagi almamater, bangsa dan umat,” pungkasnya.

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu