Menilik Lebih Dekat dengan Fakultas Psikologi UNAIR dalam AEE 2021

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana faculty info session untuk Fakultas Psikologi UNAIR yang diselenggarakan pada hari kelima AEE 2021. (Foto: SS YouTube UNAIR)

UNAIR NEWS – Hari kedua dari rangkaian kegiatan faculty info session ditutup dengan pengenalan seluk beluk dari Fakultas Psikologi (FPsi) UNAIR yaitu pada Rabu sore (17/2/2021). Kegiatan ini merupakan bagian dari perhelatan akbar tahunan UNAIR yakni Airlangga Education Expo (AEE) 2021.

Diselenggarakan selama kurang lebih satu jam, kegiatan pengenalan ini pertama dibuka oleh pemaparan dari Prof. Dr. Suryanto, M.Si., Psikolog, selaku Dekan dari FPsi UNAIR. Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya ilmu psikologi itu berusaha mempelajari dan mengukur sesuatu yang sangat abstrak dan memiliki kecenderungan yang tak pasti, yakni perilaku manusia.

Prof. Suryanto menjelaskan terkait profil lulusan dan kemungkinan karir yang ditempuh oleh mahasiswa apabila telah menyelesaikan pendidikan dari enam jurusan yang tersedia dalam FPsi UNAIR. Lulus S1 Psikologi dapat menempuh pendidikan karir seperti konselor, asisten psikolog, dan pengembang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Tentu saja apabila anda ingin mengembangkan karir, anda harus mengambil pendidikan magister. FPsi UNAIR menyediakan tiga jurusan magister, yaitu Psikologi Profesi, Psikologi Terapan, dan Psikologi Sains. Tiga jurusan ini tentu memiliki prospek karir yang berbeda jua,” ujar pakar Psikologi Olahraga itu.

Tak hanya itu, Prof. Suryanto juga menceritakan bahwa FPsi UNAIR itu memiliki program International Undergraduate Program (IUP). Disitu, mahasiswa diberi kesempatan untuk mendapatkan double degree, yakni sebagai lulusan FPsi UNAIR juga Queensland University. Perlu diketahui bahwa pada tahun 2020, IUP dari FPsi UNAIR menyabet penghargaan sebagai program IUP dengan penanganan terbaik di UNAIR. 

Kegiatan ini dilanjut oleh testimoni dari Nabella Ananda, seorang mahasiswa IUP. Ia menuturkan bahwa FPsi UNAIR benar-benar mempersiapkan mental dan kemampuan mahasiswanya sebelum menempuh pendidikan tinggi di negeri kanguru itu, seperti dengan dituntut untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam segala aspek perkuliahan.

Di pertengahan acara, pakar Kesehatan Mental Komunitas Atika Dian Ariana, S.Psi., M.Sc., diberi waktu untuk menjelaskan terkait empat peminatan yang tersedia untuk S1 Psikologi. Pertama, Psikologi Pendidikan dan Perkembangan memfokuskan pembelajarannya terhadap kesehatan mental dalam konteks pendidikan dan perkembangan tiap individu. Kedua, Psikologi Kepribadian dan Sosial memfokuskan dalam penelitian kepribadian individu dan bagaimana hal tersebut berpengaruh ke dalam konteks sosial.

“Lalu ada peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental yang tentunya berfokus dalam studi kesehatan mental dan keprofesian untuk menjadi seorang psikolog. Psikologi Industri dan Organisasi adalah studi penerapan psikologi dalam konteks organisasi dan keindustrian. Peminatan digemari apabila ingin melanjutkan karirnya ke Human Resources Development (HRD),” ujar alumni University of Glasgow itu.

Kegiatan ini juga diisi oleh berbagai testimoni alumni dan penjelasan mengenai fasilitas apa saja yang tersedia dalam FPsi UNAIR. Info lebih lanjut mengenai fakultas ini masih dapat ditilik hingga hingga 24 Februari 2021 di eduexpo.unair.ac.id.

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu