Departemen Gizi Miliki Dua Jurnal Terakreditasi SINTA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan seminar nasional NUTRIBE yang dikelola oleh mahasiswa S1 GIZI. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Departemen Gizi adalah salah satu departemen di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) yang diketuai oleh Dr. Siti Rahayu Nadhiroh, SKM., M.Kes. S1 Gizi adalah satu-satunya program studi (prodi) yang dikelola oleh departemen tersebut.

Dosen yang akrab disapa Nadhiroh itu mengungkapkan jika prodi S1 Gizi yang saat ini dipimpin oleh Lailatul Muniroh, S.KM, M.Kes. termasuk dalam lima besar prodi yang memiliki tingkat keketatan tertinggi. Selain itu, S1 Gizi juga menempati posisi lima besar sebagai prodi yang memiliki peminat terbanyak se-UNAIR.

“Prodi S1 Gizi yang dikelola oleh departemen merupakan prodi dengan tingkat keketatan lima besar tertinggi dan peminat lima besar terbanyak se-UNAIR,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Departemen Gizi juga memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah memiliki tiga profesor, berhasil menerbitkan 23 artikel jurnal internasional terindeks scopus pada tahun 2020, berhasil mempublikasikan 23 artikel jurnal nasional yang terakreditasi pada tahun 2020, dan memiliki jumlah sitasi sebanyak 127 sitasi pada tahun 2020.

“Pada tahun 2020, Departemen Gizi dibawah kepemimpinan periode sebelumnya, berhasil terpilih menjadi departemen terbaik pertama dan Prodi S1 Gizi juga meraih prestasi sebagai prodi terbaik kedua se-FKM UNAIR,” tuturnya pada Selasa (02/02/21).

Prestasi yang juga membanggakan bagi departemen, sambung Nadhiroh, adalah delapan dari 18 dosen Departemen Gizi termasuk ke dalam top 210 peneliti UNAIR versi google scholar tahun 2020.

Departemen Gizi itu sendiri menerbitkan dua jurnal yang terdiri atas Amerta Nutrition dan Media Gizi Indonesia. Kedua jurnal tersebut telah terakreditasi  Science and Technology Index (SINTA) peringkat dua.

“Terdapat dua program tahunan Departemen Gizi yakni Hari Gizi Nasional dan seminar nasional yang dikelola oleh mahasiswa prodi S1 Gizi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nadhiroh mengatakan jika Endah Bardiati, S.Gz., yang menjabat sebagai  Kepala Instalasi Gizi di Rumah Sakit Mitra Keluarga adalah salah satu contoh alumni lulusan S1 Gizi. Alumni lain yang juga lulusan prodi tersebut adalah M. Rizal, S.Gz., yang bekerja sebagai nutrisionist Tim Nasional Sepak Bola U-23 Indonesia.

Sebagai penutup, Nadhiroh mengungkapkan jika mempertahankan prestasi yang telah ada dalam kondisi pandemi Covid-19 merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh Departemen Gizi. Selain itu, lanjutnya, departemen juga harus lebih meningkatkan prestasi meskipun terdapat keterbatasan yang dimiliki.

“Melalui Prodi S1 Gizi, tantangan ke depan bagi kami adalah menyiapkan lulusan yang sesuai kebutuhan industri yang melesat cepat dan mampu bersaing di era global,” tandasnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu